Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Kulit dan Rambut

Hidup Sehat – Makanan yang mengandung minyak zaitun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan otak dan jantung. Kandungan minyak zaitun tersebut juga memiliki manfaat lain untuk perawatan kulit dan rambut. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiiki sifat anti-penuaan, anti inflamasi, dan  sangat bergizi. Jadi tidak heran bila banyak dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan banyak jenis salep maupun serum.

Berikut cara sederhana untuk mengoptimalkan manfaat minyak zaitun untuk perawatan kulit dan rambut.

Melembutkan tangan yang kering

Buatlah krim anti-penuaan dar minyak zaitun yang dicampur dengan sejumlah bahan.  Cara pembuatan, dengan mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun, satu sendok ghee organic (mentega khas masakan India), seperempat sendok minyak vitamin E, dan 5-10 tetes minyak essensial.

Setelah campuran pembuatan krim itu sudah terbentuk, maka krim siap untuk dioleskan ke tangan, kuku, serta bagian kulit lainnya. Kemudian, tutuplah bagian yang dioleskan selama 30 – 60 menit atau semalaman menggunakan sarung tangan.

 

Membuat pelembab untuk cukuran

Pelembab  tersebut haruslah memiliki kekuatan anti-bakteri. Cara pembuatan, dengan mencampurkan 5-10 tetes minyak essensial cedarwood ke dalam setengah cangkir minyak zaitun. Pemakaian campuran pelembab tersebut hanya perlu dioleskan tanpa perlu untuk mencucinya apabila sudah selesai.

 

Membuat salep penyembuh luka

Minyak zaitun yang memiliki sifat antiseptik dapat memungkinkan setiap orang dapat membuat salep luka – nya masing-masing. Cara pembuatan, dengan mencampurkan minyak zaitun dengan minyak kelapa, bunga kalendula serta rempah-rempah lavender. Setelah itu tambahkan lilin lebah, pohon teh dan minyak lavender.

 

Mengatasi radang kulit di pantat

Minyak zaitun juga dapat mengatasi bintik-bintik merah di bagian pantat karena mampu mengurangi rasa gatal dan iritasi kulit. Cara pembuatan, dengan mencampurkan satu cangkir minyak kelapa dengan empat sendok makan lilin lebah ke dalam air hangat. Selain itu , kombinasikan 8 tetes minyak essensial lavender, 6 tetes minyak essensial lemon, 4 tetes minyak essensial. Kemudian masukan kombinasi bahan tersebut ke dalam campuran minyak zaitun.

 

Perawatan rambut rusak

Minyak zaitun mempunyai manfaat lain untuk perawatan rambut bercabang. Caranya cukup gampang, hangatkan minyak zaitun di dalam air panas atau microwave, kemudian oleskan dari akar ke ujung rambut. Diamkan selama 10-20menit, lalu bilas.