Waktu Makan Terlalu Malam Rentan Mengalami Masalah Jantung

Hidup Sehat – Menurut riset dari Vagelos College of physicians and Surgeons di New York’s Columbia University menjelaskan bahwa bahaya dari telat makan atau pun makan terlalu malam berdampak pada kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan, adanya berbagai faktor saat aktivitas makan yang menyangkut berapa jumlah makanan yang di konsumsi.

Melalui hasil riset tersebut menunjukkan dampak akan mulai meningkat jika sebagian besar asupan kalori harian di atas pukul 18.00. Bukan hanya itu, keadaan tersebut akan berdampak bahkan setelah selesai makan .

Dilansir melalui wddty,para peneliti mengatakan “Jadi, makan lebih sedikit di malam hari merupakan salah satu cara sederhana untuk mengurangi resiko penyakit jantung.”

Dari hasil riset yang sudah dilakukan tersebut maka diketahui adanya penurunan kesehatan jantung sebanyak satu persen dari total asupan kalori apabila mengonsumsinya di atas pukul 18.00. Riset dilakukan pada 112 wanita dengan usia rata-rata 33 tahun sebagai subjeknya.

Melansir dari riset penelitian yang dilakukan pada sesi Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika, yang diadakan pada tanggal 16-18 November 2019 kala itu dijelaskan meskipun sebagian koresponden makan malam di atas jam 6 sore, memperoleh asupan kalori yang dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung.

Ringkasannya menunjukkan bahwa makan di sore hari akan mengakibatkan rentan akan terserang penyakit jantung. Hal ini diutamakan akan terjadi pada wanita. Karena wanita cenderung memiliki tekanan darah yang lebih tinggi. Indeks massa tubuh yang lebih tinggi dengan kontrol kadar gula darah yang lebih buruk akan lebih rentan akan peringatan dini diabetes.

Hasil riset dari wanita yang diuji, bahkan peningkatan tekanan darah juga disebutkan sebagai masalah khusus yang dihadapi oleh wanita. Namun, hasil riset belum dapat memastikan apakah hal ini berlaku pada pria juga kah.