Tanpa Disadari Kebiasaan yang Sering Dilakukan Sehari-hari Penyebab Keriput

Hidup Sehat – Keriput disebut sebagai tanda awal penuaan kulit. Keriput dapt disebabkan oleh berbagai faktor. Tanpa disadari adanya sejumlah kebiasaan sehari-hari yang justru dapat menyebabkan keriput. Berikut beberapa kebiasaan yang tidak disadari sebagian orang tersebut.

Gosok Mata

Sejal Shah, dokter kulit di New York berkata “ Menggosok area sensitive di sekitar mata ini mampu meregangkan kulit dan memecah kolagen dan elastin, yang justru dapat menyebabkan keriput.” Hal tersebut disebabkan kulit di sekitar mata sangat halus sehingga rentan terhadap kerusakan.

Dokter juga menyebutkan semakin sering Anda melakukan hal tersebut maka semakin buruk pula hasil yang akan terjadi. Dokter juga memperhatikan aktivitas kecantikan menarik kelopak mata untuk mengaplikasikan eyeliner.

Sejal Shah menambahkan “ hal ini memiliki efek merusak yang sama.”

Mengenakan Lensa Kontak

Sebenarnya menggunakan lensa kontak saja tidak dapat menyebabkan kerutan. Namun cara memasangnya yang dapat menyebabkan keriput. Kerap terjadi saat memasang lensa kontak tersebut kita menaikkan alis. Sama halnya serupa dengan efek menyipitkan mata, semakin sering melakukan tindakan tersebut maka dapat menyebabkan kulit di dahi menjadi berkerut.

Terlalu Banyak Gula

Sajian makanan penutup memang merupakan pelengkap makanan yang akan dianggap lezat, namun dapat memberikan efek yang terlalu bagus untuk kulit. Dokter menjelaskan bahwa mengonsumsi asupan gula secara berlebihan dapat menyebabkan penuaan. Hal ini berdasarkan saat protein atau lemak bergabung dengan gula dalam aliran darah mendukung terbentuknya senyawa berbahaya. Senyawa berbahaya tersebut yang mampu merusak kolagen dan elastin sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi keriput dan kendur.

Kurang Tidur

Hal penting yang perlu diketahui adalah tidur sangat berpengaruh pada kesehatan. Waktu tidur merupakan saatnya kulit bekerja untuk memperbaiki dan memperbaharui diri. Apabila kebutuhan tidur tidak terpenuhi itu dapat mengakibatkan kulit tidak dapat meregenerasikan diri secara efisien, sehingga dapat menyebabkan kurangnya pergantian sel baru dan  hal tersebut yang membuat kulit menjadi kusam.

Seperti yang dilansir dalam jurnal Sleep menyebutkan bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi bentuk wajah. Hal tersebut dapat terlihat pada bagian mata, mulut dan kulit, seperti kelopak mata yang menggantung, mata yang lebih merah dan sembab (bengkak) serta lingkaran hitam di bawah mata.

Tidur Tengkurap

Dokter Shah mengungkapkan “ Ketika Anda tidur dengan posisi tengkurap, wajah terhantam bantal sehingga mendorong kulit menjadi kusut.” “Setelah beberapa saat lamanya dengan posisi demikian, membuat kerutan menjadi terukir di wajah Anda.” lanjutnya lagi.

Dilansir melalui The Healthy, tidur dengan posisi tengkurap juga mampu  meningkatkan bengkak di sekitar mata, posisi tersebut dapat menahan cairan lebih sulit untuk mengalir. Hal tersebut dapat dicegah dengan memberi jarak antara punggung dengan kepala agar sedikit terangkat. Posisi tersebut adalah posisi tidur terbaik bagi kesehatan.