Efektifkah Sauna Turunkan Berat Badan

Hidup Sehat – Pada umumnya sauna dikenal sebagai sebuah ruangan yang sudah didesign secara khusus dan biasanya terbuat dari kayu. Sauna adalah tempat yang digunakan bagi orang yang hendak menikmati kegiatan pemanasan badan, guna untuk mengeluarkan keringat dari dalam tubuh. Para penggunanya bisa sedikit bersantai dengan duduk bersama-sama, sambil bercengkerama, meskipun tidak dilakukan dalam waktu yang lama.

Sauna dipercaya berkhasiat menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan serta menyehatkan kulit. Manfaat kesehatan tersebut yang menjadikan alasan banyak orang yang melakukan kegiatan sauna ini.

Mengulik sejarah mengenai sauna ini, ternyata jegu=iatan sauna ini telah ada sejak ribuan tahun lalu dan diperkenalkan pertama kali oleh orang-orang di Finlandia. Hingga kini sauna sudah dinikmati orang-orang hampir di seluruh Negara.

Di Finlandia, Negara bagian Eropa Utara, dengan melakukan sauna dipercaya mampu menurunkan berat badan. Namun, terlepas dari anggapan tersebut, seorang dokter ahli jantung di San Francisco, California, Amerika Serikat (AS) bernama Rita Redberg menyatakan bahwa tidak ada hasil riset yang membuktikan sauna mampu memberikan manfaat tersebut.

Akan tetapi, Rita Redberg tetap merekomendasikan untuk tetap dilakukan kegiatan sauna tersebut karena banyak hal menguntungkan lainnya yang dapat didapatkan melaluinya. Dilansir melalui JANA Internak Medicine, hasil riset membuktikan sejumlah pria paruh baya asal FInlandia yang sering mengunjungi sauna cenderung memiliki usia yang lebih panjang dibanding mereka yang jarang sauna.

Seperti yang terlansir Men’s Health, Redberg mengatakan “tidak diketahui apakah manfaat kesehatan yang terkait dengan penggunaan sauna berasal dari efek fisiologis dari sauna itu sendiri, atau hanya tindakan meluangkan waktu untuk bersantai, seperti yang harus dilakukan di sauna, khususnya di FInlandia, di mana keluarga yang sering melakukan kegiatan itu bersama.”

Selain itu, Redberg yang pernah mencoba untuk mengunjungi sauna di Ibu Kota Helsinki, Finlandia mengungkapkan bahwa pada umumnya suhu di ruangan sauna biasanya akan diatur dengan suhu mencaoai 150 derajat Farenheit. Berbeda dirasakannya saat mencobanya langsung di Negara itu seakan terasa jauh lebih panas.

Perlunya diketahui beberapa hal sebelum menggunakan sauna.

Pertama, sauna bukanlah solusi dalam hal menurunkan berat basan

Mike Sevilla, seorang dokter dari Salem, Ohia, Amerika Serikat (AS) berujar “ Itu hanyalah sebuah mitos apabila duduk di sauna dapat mengurangi berat badan, kebenarannya adalah berat badan yang berkurang dari tubuh saat melakukan sauna hanya berat air.”

Apabila setelahnya Anda kembali minum sehabis melakukan sauna, maka berat airdi dalam tubuh otomatis akan kembali seperti semula.

Kedua, pastikan untuk meminum cukup banyak air sebelum melakukan kegiatan sauna.

Diungkapkan Redberg “ Sebelum dan sesudah menggunakan sauna, minum banyak air adalah suatu keharusan.”

Perlu diketahui salah satu bahaya dari dampak menggunakan sauna adalah memungkinkan dehidrasi parah terjadi. Hal ini disebabkan karena jika terlalu lama duduk di dalam ruangan sauna dengan suhu ruangan yang terus bertambah menjadi terlalu hangat bahkan panas.

Sevilla menjelaskan “ Tanda dan gejala dehidrasi parah termasuk mulut kering, haus yang berlebihan, dan pusing atau sakit kepala ringan. Segera keluar dari ruangan sauna tersebut dan rehidrasikan diri apabila mulai merasakan gejala-gejala tersebut.”