Sejarah dan Manfaat Bawang Hitam (Black Garlic) Untuk Kesehatan

 Hidup Sehat – Black Garlic atau yang biasa dikenal dengan bawang hitam saat ini menjadi bahan pembicaraan yang hangat sebagai obat herbal pada saat ini. Tapi apakah anda tahu darimana asal usul dari black Garlic ini sehingga populer di kalangan masyarakat saat ini.

Bawang Hitam sebenarnya merupakan bawang putih yang telah melalui proses secara alami dengan menggunakan suhu tertentu dalam waktu yang lama dan cukup panjang hingga menghasilkan kandungan dan juga formulasi kimiawi baru. Maka dengan efek farmakologis yang baru ini menjadikan Black Garlic sebagai salah satu herbal yang sangat di butuhkan sebagai suplemen dalam menjaga keeshatan, stamina, dan juga vitalitas tubuh.

Black Garlic  merupakan Hasil dari fermentasi bawang putih dengan suhu yang tinggi pada bawang putih sehingga menghasilkan isi yang hitam. Dengan Rasa nya yang sedikit manis juga memiliki tekstur yang lembut dan gurih bahkan terasa kenyal. Dan ternyata bawang hitam ini sudah sangat populer di Negara lain seperti  di Thailand yang menjadikan black garlic sebagai bahan tambahan pada suplemen makanan dan obat kuat. pada tahun 2008 black garlic pernah memenangi kontes dalam sebuah acara tv “Desain dan Gaya Hidup” di Amerika Serikat dan di nobatkan oleh New York Times sebagai bahan alternatif baru untuk makanan kesehatan dan ternyata telah lama digunakan oleh koki Bruce Bukit Bix Restaurant, San Francisco sebagai bahan tambahan pada masakannya.

Di Indonesia sendiri bawang hitam ini mulai dikenal pada tahun 2014 yang mana pada saat festival Rempah dan Kuliner Korea-Indonesia dan pada saat itu dijelaskan akan kandungan dan khasiat dari bawang hitam antara lain ;

1 Sebagai Anti Kanker

Kandungan yang terdapat pada bawang hitam dapat menyembuhkan penyakit ataupun bisa melawan sel-sel yang mengakibatkan penyakit kanker. dan jika ingin mengkonsumsi bawang hitam cukup anda campurkan saja pada masakan yang sedang anda masak.

2 Menurunkan kadar kolestrol

Kolestrol sebenar nya ada yang baik untuk tubuh namun jika kadar kolestrol tinggi malah dapat membahayakan kesehatan bagi tubuh karena dapat memicu munculnya penyakit jantung. tetapi saat ini  tidak perlu  khawatir lagi jika kadar kolestrol anda tinggi, karena saat ini hanya dengan mengkonsumsi bawang hitam maka dapat menurunkan kadar kolestrol anda yang tinggi.

3 Sebagai Anti Tumor

Di Jepang sudah melakukan penelitian akan bawang hitam pada tikus. Dan hasil yang di hasilkan adalah bawang hitam ternyata dapat menyembuhkan penyakit tumor.

4 Membuang kandungan Logam Seperti Mercuri Pada Tubuh

Untuk wanita yang suka mengunakan produk kecantikan yang memutihkan sebaiknya harus lebih waspada. Karena sekarang banyak oknum yang mulai memalsukan produk kecantikan dengan tambahan zat berbahaya seperti mercuri. Namun jika anda sudah terlanjur pernah menggunakannya maka coba buang zat logam berbahaya itu dengan cara mengkonsumsi bawang hitam karena kandungan yang terdapat pada bawang hitam selain dapat menyembuhkan penyakit juga dapat membantu membuang zat logam pada tubuh.

Walaupun bawang hitam baik untuk kesehatan, namun sebaiknya jika bagi anda yang memiliki alergi dengan bawang putih hindari saja, dan juga jika anda sedang mengalami sakit kepala migraine. Apalagi bagi anda yang ingin menjalani operasi dalam waktu dekat sebaiknya anda tunda dulu untuk mengkonsumsi bawang hitam.