Pentingnya Cemilan yang Diungkapkan Dokter

Hidup Sehat – Menyemil merupakan kebiasaan memakan cemilan di sela waktu makan utama. Kebiasaan ini kerap susah dihindari sebagian besar orang.Namun kebiasaan menyemil juga biasanya cukup ditakuti oleh sebagian orang, karena dianggap mampu meningkatkan berat badan serta membahayakan kesehatan.

Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, spesialis gizi klinik, sebenarnya nyemil itu wajar saja bahkan ada kalanya diperlukan. Akan tetapi apabila kesehatan yang khawatirkan, maka perlunya untuk mempertimbangkan asupan sebelum menyesal.

Dr Juwalita yang berlokasi di Jakarta mengungkapkan “ Pernah dengar istilah hangry? Istilah tersebut menggambarkan kondisi sedang marah yang disebabkan rasa lapar. Kerap terjadi kalau laper orang cenderung menjadi galak. Itu sebabnya snacking atau menyemil itu perlu adanya.”

Pada umumnya lambung atau perut akan kosong dalam tempo empat jam. Ketika gula darah turun, kondisi yang terjadi cenderung merasakan gelisah bahkan uring-uringan, sehingga diperlukan makanan selingan dengan menyemil.

Waktu nyemil baik dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pukul 09.00 – 10.00 dan pukul 15.00 – 16.00. Sehabis makan, maka gula darah pun akan perlahan turun. Sejalan menunggu waktu makan utama, tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi dan energi. Waktu inilah saat dimana tubuh butuh yang namanya menyemil.

Dr Juwalita Suparasi mengatakan “ Apabila hendak nyemil sehat maka dianjurkan memilih yang mengandung serat. Karena mengonsumsi yang mengandung serat, bukan memilih roti manis namun biskuit tanpa serat saja. Karena jika mengandung serat maka gula darah akan stabil dan turunnya lebih perlahan. Pemilihan kue manis dapat menyenangkan namun sejam kemudian akan laper lagi, hal ini dikarenakan gula darah cepat turunnya.”

Salah satu alternative cemilan sehat adalah FastBite karena mengandung banyak nutrisi. FastBite berupa cemilan oat bar yang kaya akan serat makanan, kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Fastbite kini meluncurkan sebuah inovasi baru dengan menambahkan formula baru dalan oat bar nya berupa kandungan chia seeds yang kaya akan sumber serat yang efektif untuk menahan lapar lebih lama. Inovasi tersebut yang diperlukan di tengah padatnya aktivitas yang sering dijumpai seperti pekerja kantoran.

Handari Putro, Head of Marketing & Creative Division Nutrigen menyebutkan bahwa FastBite bukanlah pengganti makan namun merupakan pilihan makanan sampingan di sela menunggu tibanya waktu makan utama.

FastBite mengandung karbohidrat, protein, air, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, serta sejumlah vitamin dan mineral seperti vitamin A dan B, kalsium, mangan, fosfor, selenium, kalium, zinc, magnesium, tembaga serta antoksidan, dan dengan penambahan chia seeds atau biji chia menjadi salah satu formula utama. Seluruh kandungan nutrisi itulah yang sebenarnya dibutuhkan di tengah aktivitas yang padat, Sehingga cukup efektif dan tanpa terganggu dengan rasa lapat yang datang tiba-tiba dan tanpa kompromi di tengah padatnya aktivitas yang dijalani.

Chia seeds sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Di samping itu dapat menahan keinginan untuk makan , sehingga mencegah masuknya beberapa makanan ke dalam system tubuh. Karena chia seeds mampu mencegah penyerapan kalori ke dalam tubuh.

Chia seeds mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama jadi sangat baik untuk diet. Hal ini disebabkan karena chia seed dapat menyerap 10 kali air yang masuk ke dalam tubuh. Bagi penderita diabetes, chia seeds dapat memperlambat perubahan karboidrat menjadi gula sederhana yang baik dalam mengontrol gula darah.