Flu Buat Anda Tidak Nyaman Saat Traveling? Hadapi dengan 4 Tips Ini

Hidup Sehat  – Di Indonesia, virus flu bertebaran sepanjang tahun. Hal ini membuat Anda bisa terserang flu kapan saja, termasuk saat traveling. Saat traveling Anda lebih berisiko terserang influenza. Hal ini tentu akan mengganggu rencana yang telah Anda buat bukan? Agar Anda bisa segera kembali ke rencana semula, simak tips mengatasi flu saat traveling berikut ini.

Cara ampuh mengatasi flu saat traveling

Saat berlibur, Anda akan bertemu banyak orang dari berbagai penjuru dunia. Hal ini memberikan peluang besar bagi Anda untuk terpapar berbagai macam virus, salah satunya virus influenza. Mayo Clinic menyebutkan virus ini sangat mudah menular dari tetesan air liur saat orang yang sakit berbicara, tertawa, batuk, atau bersin.

Jika sistem tubuh Anda sedang lemah, pertahanan diri untuk melawan virus ikut melemah. Akibatnya, Anda lebih mudah terserang flu. Terserang flu saat bepergian tentu sangat mengganggu. Bukannya bersenang-senang, Anda malah bisa merasakan berbagai gejala flu, seperti sakit kepala, tenggorokan sakit, hidung tersumbat, badan terasa nyeri, dan demam.

Tidak seperti pilek, flu menimbulkan gejala yang parah dan butuh masa pemulihan tubuh yang lebih lama. Mari bahas satu per satu cara mengatasi flu saat bepergian.

1. Istirahat cukup

Flu membuat tubuh Anda terasa nyeri dan lelah. Satu-satunya cara untuk meringankan gejala tersebut dan mempercepat proses pemulihan tubuh adalah beristirahat. Jangan memaksakan diri untuk terus beraktivitas karena tidak akan maksimal dan dapat memperlambat pemulihan tubuh.

2. Perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan sehat bergizi

Meningkatkan asupan air dapat membantu Anda mengatasi flu saat traveling. Pasalnya, flu bisa membuat tubuh Anda kehilangan banyak cairan karena demam. Untuk mengganti cairan tersebut dan mencegah terjadinya dehidrasi, perbanyak minum air putih adalah solusinya.

Selain itu, minum air hangat juga bisa membantu melegakan hidung mampet dengan mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas.

Asupan makanan sehat juga sangat diperlukan saat Anda terserang flu. Makanan bisa menjadi sumber energi agar tubuh tidak lemas. Nutrisi dari makanan tersebut juga bisa dimanfaatkan tubuh untuk meningkatkan sistem imun dan mempercepat proses pemulihan diri dari penyakit.

3. Minum obat untuk meredakan gejala

Cara mengatasi flu saat traveling yang paling jitu adalah minum obat. Namun, Prof. dr. Cissy B. Kartasasmita, SpA(K), PhD, Ketua Indonesian Influenza Foundation, menyebutkan bahwa hingga kini belum ditemukan obat yang benar-benar bisa menyembuhkan flu.

“Obat yang bisa menyembuhkan seseorang dari virus itu belum ada. Virus memang mempunyai sifat dan gen yang berbeda dengan bakteri. Bakteri bisa disembuhkan dengan antibiotik,” jelasnya saat ditemui Tim Hello Sehat di di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (25/11), dalam peringatan World Flu Day.

Meski tidak ada obat yang memang bisa membunuh virus flu, beberapa obat tertentu bisa membantu meredakan gejalanya. Obat tersebut meliputi paracetamol untuk menurunkan demam dan sakit kepala, dekongestan untuk melegakan hidung tersumbat, dan beberapa antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri di tenggorokan jika memang terjadi.

Selain obat di apotek, beberapa obat herbal yang mengandung echinacea juga bisa diminum untuk mengatasi flu saat traveling.

“Echinacea itu mengandung antiviral, namun bukan sebagai pengobatan, hanya adjuvant, yaitu bisa membuat penyembuhannya lebih cepat, terutama untuk pilek (common cold),” jelas Prof. D r. dr. Iris Rengganis, Sp.PD, K-AI, FINASIM, Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia, dalam kesempatan yang sama.

4. Periksa ke dokter

Bila cara mengatasi flu saat traveling di atas tidak menunjukkan hasil, jangan ragu untuk segera periksa ke dokter. Terutama jika gejalanya semakin parah, demam tidak menurun sampai hari ketiga, atau Anda memiliki risiko komplikasi lebih tinggi.

Dokter akan memeriksa tubuh Anda untuk mengetahui penyebab pasti. Pasalnya, penyakit yang menimbulkan gejala demam, hidung tersumbat, dan nyeri tubuh tidak hanya flu. Beberapa penyakit lain juga memiliki gejala serupa. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan diagnosis.