Manfaat dan Efek Air Tebu Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Apakah anda pernah minum air tebu murni, sebagian orang sudah tidak asng dengan air tebu lagi karena saat ini sangat mudah kita jumpai di pasaran ektrak dari tubuhan tebu yang mana dulunya hanya dijadiakan bahan pokok dalam pembuatan gula.

Walaupun air tebu merupakan bahan baku utama pembuatan gula  air tebu murni lebih baik ketimbang gula yang sudah di kemas. Gula tebu kemasan sendiri sudah tercampur akan bahan lainnya saat pembuatan dan hal tersebut dapat mengurangi sejumlah nutrisi dari air tebu murni.

Di dalam tebu mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, dan mineral. Kandungan mineral dalam air tebu murni meliputi fosfor, kalsium, zat besi, zinc, dan kalium bahkan Di dalam Air tebu juga mengandung vitamin dan antioksidan. Selain itu Air tebu juga mengandung senyawa sukrosa, fruktosa, dan banyak varietas glukosa lainnya dengan total 13 gram serat makanan. Air tebu yang memiliki cita rasa manis ini juga kaya akan serat makanan dan juga menyediakan senyawa polifenol. Kandungan tersebut dapat membantu kesehatan Anda secara keseluruhan dan bahkan dapat mengurangi stres oksidatif.

bahkan air tebu selain untuk kesehatan juga mengandung asam glikolat yang dapat memberikan efek antioksidan pada kulit. Maka dengan mengkonsumsi air tebu secara teratur maka anda dapat mencegah radang dan juga infeksi kulit, memperbaiki penampilan kulit, dan juga mengurangi tanda penuaan yang bisa membuat anda terlihat awet muda. Air tebu murni memiliki rasa yang menyegarkan dan juga manis yang alami karena air tebu menyediakan energy dan glukosa. Namun air tebu juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan dari hanya sekedar pelepas dahaga.

Manfaat air tebu murni jauh lebih baik ketimbang gula yang sudah dikemas karena Air tebu mengandung gula alami yang tak memiliki lemak. Dengan rajin mengonsumsi air tebu tersebut secara rutin bisa membantu mengurangi berat badan tubuh. Air tebu murni sangat membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta memenuhi kebutuhan energimu. Selain itu nutrisi yang terkandung dalam minuman ini juga berkhasiat bagi kecantikan.

Berikut adalah beberapa manfaat dari air tebu murni bagi kesehatan dan juga kecantikan:

 

  1. Mengontrol kadar gula darah
  2. Membantu dalam melawan kanker
  3. Mengatasi bau mulut
  4. Meningkatkan kekuatan tulang dan juga gigi
  5. Meredakan demam
  6. Melancarkan pencernaan
  7. Menambah stamina
  8. Meredakan sakit tenggorokan
  9. Mengobati luka
  10. Menurunkan berat badan
  11. Mencegah kerusakan sel darah
  12. Detoks racun
  13. Menjaga kesehatan ginjal
  14. Baik untuk ibu hamil
  15. Mengelola stres dan atasi insomnia
  16. Menjaga stabilitas tekanan darah
  17. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  18. Baik untuk kesehatan liver atau hati
  19. Mengobati jerawat
  20. Cegah penuaan dini dan bikin awet muda
  21. Menjaga keseimbangan pH tubuh
  22. Menjaga kesehatan dan kecantikan rambut.

Selain memiliki segudang manfaat ternyata air tebu juga memiliki efek samping. Air tebu memang bermanfaat bagi kesehatan Namun, Anda tidak boleh mengonsumsinya terlalu berlebihan karena bisa memberikan efek samping untuk tubuh. Namun setidaknya minumlah sari tebu murni satu gelas dalam sehari. Dampak negatif dari air tebu juga banyak yang mana meliputi sakit kepala, gangguan pada perut, mual, pusing, gangguan perdarahan yang memburuk dan meningkatkan insomnia.

Dan memang air tebu memiliki jumlah kalori cukup rendah dibandingkan dengan gula. Namun jika mengonsumsinya terlalu banyak air tebu juga dapat meningkatkan kalori dan membuat tubuh menjadi gemuk. Anda hanya boleh mengonsumsi satu gelas per hari dan tidak boleh lebih.

Yang paling bahaya adalah Air tebu murni dapat berubah menjadi racun dengan sangat mudah dan cepat itu karena air tebu murni tidak memiliki bahan pengawet dan jika anda menyimpannya selama lebih dari 15 menit saja air tebu akan teroksidasi dan kemudian akan berbahaya bagi tubuh. Dan menurut hasil dari beberapa penelitian oksidasi yang dihasilakn oleh air tebu ini bekerja seperti racun didalam tubuh dan akan menyebabkan banyak masalah yang terkait dengan lambung.

Dan juga untuk Kandungan policosanol yang terdapat dalam air tebu juga bisa membuat darah anda menjadi tipis.  Dengan begitu air tebu akan mematikan darah dan membuat gumpalan yang bisa menyebabkan pendarahan berlebihan pada tubuh.