Mencegah Obesitas di Usia Lanjut Dengan Alpukat

Hidup Sehat – Sebagian orang akan mengalami kenaikan berat badan saat memasuki usia 30, 40, hingga seterusnya. Kondisi ini biasanya disebut middle-aged spread. Pada umumnya, bagi orang yang mengalami kondisi tersebut akan cenderung memiliki tumpukan lemak lebih banyak di area sekitar perut.

Melalui Daily Mail dilansirkan, middle-aged spread ini ternyata dapat dicegah dengan alpukat. Hasil riset menemukan bahwa dengan mengonsumsi buah alpukat setiap hari atau secara rutin, mampu membantu mempertahankan tubuh agar tetap langsing bahkan hingga usia menjelang paruh baya.

Dianjurkan untuk mengonsumsi alpukat satu kali dalam sehari guna menjga kelebihan berat badan di usia lanjut atau paruh baya. Riset yang dilakukan di California, Amerika Serikat (AS) menggunakan data koresponden lebih dari 55 laki-laki dan perempuan yang berusia di atas 30 tahun.

Riset kesehatan tersebut terus dilakukan hingga 11 tahun. Seluruh koresponden akan ditanyakan seberapa sering memakan alpukat, serta dilakukan penimbangan dan pengukuran pada awal riset dilakukan .

Para koresponden yang memiliki berat badan normal dan mengonsumsi alpukat setiap harinya ditemukan 15 persen lebih sedikit yang mengalami kegemukan jika dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi buah tersebut. Sedangkan, bagi yang mengonsumsinya dalam jumlah yang lebih sedikit juga dapat membantu mengatasi lemak atau masalah berat badan hingga tujuh persen.

Riset yang dilakukan oleh tim Universitas Loma Linda menjelaskan bahwa alpukat mengandung kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif yang dapat membantu mencegah kenaikan berat badan. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh dan serat yang tinggi, jadi tidak heran dengan mengonsumsinya maka akan mudah merasakan rasa kenyang.