Ketahui Empat Penyebab Rasa Sakit pada Leher

Hidup Sehat – Hampir setiap orang tentunya pernah merasakan sakit di sekitar leher dan bahu. Kondisi tersebut ternyata dapat disebabkan oleh banyak faktor.

Ketahui beberapa alasan penyebab timbulnya sakit tersebut dan langkah yang dapat dilakukan untuk menguranginya.

Pertama, terlalu terpaku pada telepon

Aktivitas ini dapat menyebabkan text neck yang memberikan postur tubuh yang buruk. Riset menyatakan bahwa apabila leher berada pada posisi miring yang tidak nyaman secara berkelanjutan dalam jangka waktu yang lama, cenderung akan terindikasi artitis prematur.

Posisi demikian menyebabkan penekanaan otot-otot di sekitar leher dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Cobalah untuk merelaksasikan otot leher secara berkala dan istirahatkan diri dari ponsel, serta lakukan beberapa latihan leher.

Kedua, tidur dengan posisi yang salah

Sering tanpa disadari, posisi tidur yang tidak biasanya rentan menyebabkan sakit leher dan bahu. Disebutkan juga rasa sakit tersebut bisa saja terjadi saat tidur dalam posisi tengkurap. Kondisi tersebut dapat menyebabkan otot-otot leher menjadi tegang saat bangun karena posisi leher miring yang salah. Cobalah untuk mengubah kebiasaan dengan posisi tidur telentang atau perhatikan juga menggunakan bantal yang digunakan untuk menopang leher menggunakan bantal yang tepat.

Ketiga, menjinjing tas berat

Kondisi ini berlaku bagi orang yang menggunakan tas bahu untuk bekerja. Tas yang berat dapat menarik bahu dan otot leher, sehingga dapat mempengaruhi postur, bahkan dapat menyebabkan rasa sakit yang parah.

Cobalah untuk meninggalkan kebiasaan ini dan baik untuk menggunakan tas yang bisa ditentang jika memungkinkan, mengganti sisinya juga sesekali juga bisa jadi alternative, serta meminimalkan barang bawaan di dalam tas.

Keempat, merokok

Dilansir melalui Indian Express menyebutkan zat kimia yang terkandung di dalam rokok diketahui dapat mengeraskan arteri dan mengurangi suplai darah ke tulang dan otot. Sehingga apabila sudah memiliki postur tubuh yang buruk, merokok dapat memperburuk rasa sakit tersebut.

Hidup dalam kondisi tertekan atau stress yang berkelanjutan dapat mengubah posisi tubuh sepenuhnya, menyebabkan tubuh membungkuk serta menarik bahu dengan cara yang tidak nyaman.Cobalah untuk melakukan latihan pernafasan karena dapat membantu Anda lepas dari kondisi ini. Bisa juga dengan melakukan perjalanan guna merelaksasikan diri, dan pastikan diri agar tetap terhidrasi.

Biarpun mengubah kebiasaan membutuhkan waktu, langkah termudah yang dapat dilakukan adalah mendapatkan pijatan yang baik. Karena tekanan pada pijat dapat membuat aliran darah lancar pada area yang tepat.

Di samping itu, dapat juga menggunakan kompres hangat, melakukan olahraga ringan seperti yoga atau latihan peregangan. Apabila rasa sakit berlanjut, segeralah untuk memeriksakan dir ke dokter agar mendapatkan penangan yang tepat atau mungkin mendapatkan resep obat nyeri yang sesuai.