Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Bukan Hanya Sekedar Segar lho

Hidup Sehat – Hampir semua orang di Indonesia menyukai air kelapa. Selain memberikan kesegaran, air kepala juga memiliki rasa yang enak. Bukan hanya itu saja, ternyata minuman ini juga dapat mencegah penuaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dilansir melalui rd.com, berikut fakta-fakta tentang air kelapa.

Apa itu air kelapa?

Direktur Pusat Nutrisi dan Manajemen Berat Badan dari Pusat Medis Boston dan Profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Boston yang bernama Caroline Apovian, MD melakukan penelitian tentang air kelapa. Dijelaskan bahwa air kelapa merupakan cairan bening yang ada di dalam kelapa hijau. Semakin tua maka warnanya akan berubah menjadi warna coklat, rasa air serta dagingnya juga akan berubah. Daging dari kelapa tua bisa diolah menjadi santan.

Apakah air kelapa baik untuk Anda?

Sesuai dengan ilmu pengetahuan Sains, Air kelapa memiliki dua manfaat kesehatan utama. Manfaat dari air kelapa menyediakan elektrolit seperti kalium dan natrium. Air kelapa baik untuk rehidrasi setelah melakukan aktifitas fisik atau setelah pemulihan penyakit yang menyebabkan muntah atau diare.

Ali Webster, PhD, RD, Associate Director of Nutrition Komunikasi dari  Yayasan Dewan Informasi Pangan International juga mengungkapkan dari hasil penelitian mengenai manfaat air kelapa terkait H20, bahwa air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh layaknya minuman isotonic. Akan tetapi, air kelapa hanya sedikit lebih baik dibandingkan dengan air.

Namun, para atlet lebih menyukai rasa dari minuman isotonic. Sehingga Anda harus menyukai rasa air kelapa terlebih dahulu agar dapat menikmati khasiatnya. Bagi Anda yang menginginkan sesuatu yang lebih sehat dibanding minuman isotonic, air kelapa masih bisa dijadikan pilihan yang baik biarpun tidak terlalu perlu.

Ali Webster juga menjelaskan bahwa orang yang bukan atlet professional dan tidak melakukan aktivitas olahraga yang lama tidak memerlukan elektrolit tambahan dalam air kelapa. Namun Dr Caroline Apovian mengatakan bahwa tidak harus mengganti asupan air biasa apabila tidak memerlukan kalori ekstra.

Air kelapa memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibanding minuman tidak sehat lainnya seperti minuman soda atau jus biasa, akan tetapi kalori tetap akan bertambah. Webster menambahkan , ada pula cara lain untuk memperoleh kalium dari makanan, misalnya kentang, pisang, kacang, bayam dan kacang-kacangan.

“Makanan ini akan memberikan nutrisi bermanfaat lainnya yang tidak dimiliki air kelapa, seperti serat, vitamin dan mineral lainnya,” jelasnya.

Bagaimana cara minum air kelapa?

Air kelapa bisa menjadi alternative yang lebih sehat untuk minuman non air lainnya. Dr Apovian mengatakan, dengan tidak minum alkohol serta menggantikannya dengan air kelapa yang kombinasikan menjadi minuman mocktail yang enak tentunya lebih menyehatkan.

“Saat saya hendak bersantai sendiri atau gabung bersama teman-teman, saya suka mencampurkan air kelapa, jus delima, atau sedikit jus tart cherry , dan sesuatu yang bersoda seperti air soda,” jelasnya.

Untuk itu, jangan pernah ragu untuk meneguk air kelapa dan dapatkan manfaat istimewa dari minuman ini.