Pencernaan Lancar Dengan Konsumsi Makanan Ini

Hidup Sehat – Banyaknya iklan produk makanan yang menawarkan kesehatan  bagi usus. Menurut  hasil riset, si samping bermanfaat bagi pencernaan, makanan yang terdapat bakteri baik lebih mampu menyeimbangkan mikrobioma usus. Dilansir dari riset British Medical Journal, mikroba usus dapat berperan dalam pengaturan berat badan serta membantu upaya mencegah penyakit radang sendi hingga diabetes tipe 2.

Data terkini juga dari tiga riset serupa juga telah menemukan adanya spesies bakteri usus tertentu yang dapat meningkatkan kemanjuran obat anti-kanker. Biarpun kenyataannya tidak ada makanan yang mampu menghilangkan resiko penyakit, yang ada hanya upaya pencegahan yang bisa dilakukan.

Seorang ahli penyakit dan ahli pencernaan di New York, Dr Niket Sonpal, M.D. , menghimbau agar mengisi lemari es dengan beberapa makanan berikut , guna mengoptimalkan usus dan kesehatan secara keseluruhan.

Yogurt

Minuman ini sudah diketahui karena manfaatnya bagi usus. Hal serupa juga diungkapkan oleh Dr Sonpal seperti yang dilansir wellandgood bahwa benar adanya yogurt merupakan sumber terbaik dari apa yang disebut sebagai bakteri ramah, dan lebih dikenal sebagai probiotik. Disarankan juga untuk menambahkan buah-buahan segar.

Miso

Saat mengonsumsi miso, Dr Sonpal menambahkan pasta dalam saus untuk salmon dan tahu. Karena adanya kandungan berbagai bakteri dan enzim bermanfaat di dalamnya. Pilihan tersebut juga cocok bagi Anda yang sedang menghindari susu.

Sauerkraut

Merupakan topping yang biasa digunakan pada makanan hotdog ini ternyata bermanfaat bagi usus.

Dr Sonpal menjelaskan “ Makanan ini difermentasi secara alami yang memiliki mikroorganisme bakteri Lactobacillus, yang memadatkan bakteri jahat di usus dan memungkinkan flora usus yang menguntungkan berkembang.”

Dr Sonpal melanjutkan, makanan ini juga bermanfaat dalam mengurangi gejala sindrom iritasi usus, kembung serta gangguan pencernaan. Selain itu sauerkraut yang memiliki rasa asam tersebut dinilai sangat bermanfaat dalam menambah rasa pada makanan, karena rasa tersebut berasal dari asam organic.

Wild salmon

Banyaknya anggapan akan bahaya mengonsumsi daging mentah. Namun, Dr Sonpal beranggapan seharusnya masyarakat lebih memilih varietas liar, yakni Salmon yang langsung ditangkap di lingkungan habitat alaminya.

“Salmon liar mengandung sumber asam lemak omega-3 berlimpah,  yang berfungsi sebagai antiinflamasi yang kuat dan sangat berkhasiat untuk menyembuhkan usus yang mengalami peradangan,” ujarnya.

Kimichi

Kimichi bisa langsung dimakan ataupun menjadi campuran dalam sup. Menurut Dr sonpal, bahan  makanan ini baik untuk menyembuhkan usus. Karena kimichi adalah makanan berbahan sayuran yang difermentasikan.

“Kimichi menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang tidak mengonsumsi susu, karena kaya akan sumber serat makanan, serta vitamin A dan C” jelasnya.