Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Bunga Mawar Yang Cantik

Hidup Sehat – Teh mawar yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan ini. Masih tidak banyak yang mengetahuinya dan anda bisa mencoba untuk racik secangkir teh mawar hangat yang harum aromatik. bagi anda yang bosan hanya meminum teh biasa saja.

Teh mawar merupakan teh yang berasal dari bunga mawar yang sudah dikeringkan. Mawar sendiri memiliki 130 spesies dan ribuan kultivar dan semua jenis bunga mawar dapat dimakan dan digunakan sebagai racikan teh. Mawar yang kita tahu biasanya hanya digunakan untuk perayaan budaya atau pengobatan selama ribuan tahun.

Teh mawar sendiri merupakan minuman herbal yang memiliki wangi aromatik yang terbuat dari kelopak daun dan kuncup bunga mawar. Bunga mawar diklaim banyak memiliki manfaat kesehatan dan teh mawar ini tidak mengandung kafein seperti minuman kopi, teh, dan bahkan cokelat panas.

Meskipun kafein yang ada pada teh biasa menawarkan banyak efek positif, termasuk mengurangi kelelahan dan mengurangi rasa kantuk serta menambahkan energi, namun beberapa orang lebih suka menghindarinya atau tidak dapat menolerir efek sampingnya. Misalnya, kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan perasaan cemas pada beberapa orang.

Maka bagi anda yang tidak ingin mengkonsumsi kafein teh mawar sangat lah cocok sebagai pilihannya karena tidak adanya kandungan kafein maka membuatnya sangat bagus untuk jadi pengganti minuman kafein lainnya. Hanya saja perlu diingat bahwa beberapa teh mawar merupakan campuran teh berkafein biasa dan kelopak mawar. Jadi jika Anda ingin terbebas oleh kafein, pastikan untuk memilih 100% teh kelopak mawar.

Teh mawar ini sendiri juga memiliki beragam manfaat yang mana diantaranya adalah:

  1. Hidrasi dan Penurunan Berat Badan

Teh mawar yang memiliki banyak sekali kandungan air maka dari itu  dengan meminum satu cangkir hingga lebih teh mawar dapat berkontribusi pada asupan air yang akan masuk ke dalam tubuh. Dengan terpenuhi  kebutuhan air dalam tubuh juga bisa menjauhkan Anda untuk terserang penyakit seperti sakit kepala, masalah pada kulit, keram otot, tekanan darah rendah, hingga detak jantung yang kencang.  Air dalam tubuh juga dapat mengontrol penurunan berat badan dan menjaga sistem metabolismenya  tubuh Anda. Seperti hasil penelitian yang menunjukkan dengan meminum air sebanyak 500ml dapat mendorong metabolisme sebanyak 30%.

  1. Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Teh mawar yang kaya akan kandungan antioksidan karena adanya kandungan polifenol, seperti asam galat, anthocyan, kaempferol, dan quercetin. Namun zat yang paling tinggi untuk antioksidan dari teh mawar ini adalah zat polifenol. Zat ini dianggap dapat mengurangi resiko penyakit kanker jenis tertentu, penyakit jantung, diabetes tipe 2, serta melindungi otak Anda dari penyakit degenaratif.

  1. Dapat Meringankan Nyeri Saat Haid

Rasa sakit pada saat menstruasi bisa berakibat muntah, pusing, sakit punggung, dan yang lainnya. Dalam ilmu pengobatan China, jenis bunga mawar yang sering dipakai untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi adalah rosa gallica.

Mereka yang telah minum teh mawar saat menstruasi melaporkan kalau rasa sakit saat menstruasi lebih sedikit dibandingkan biasanya, secara psikologis pun lebih membantu dari pada tidak meminum teh mawar. Ini menunjukkan bahwa teh mawar mungkin cara yang cocok untuk mengobati nyeri saat menstruasi.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), bunga mawar yang cocok untuk diekstraksi sebagai minuman dibagi ke dalam 4 jenis yaitu mawar alba, centifolia, damascena, dan mawar gallica. Ada pula untuk pengobatan sering digunakan jenis mawar rugosa di China. Cara membuat teh mawar ini pun sangatlah mudah.

Berikut ini adalah cara membuat teh mawar sendiri:

  1. Persiapkan bunga mawar

Bunga mawar yang bisa digunakan adalah kelopak bunga mawar yang segar maupun kering. Kelopak bunga yang digunakan harus terbedas dari pestisida, maka itu jangan menggunakan mawar dari toko bunga atau pembibitan, karena biasanya mengandung pestisida.

  1. Rebus bunga mawar

Jika Anda mebuat teh yang berasal dari kelopak bunga mawar segar, Anda membutuhkan sekitar 2 cangkir kelopak yang telah dicuci bersih. Setelah itu rebus dengan 3 gelas air atau sekitas 700ml selama sekitar 5 menit. Namun jika Anda menggunakan kelopak bunga yang kering, letakkan 1 sdm dalam cangkir dan rendam dalam air yang mendidih selama 10-20 menit.

  1. Penyajian teh mawar

Teh mawar ini bisa diminum langsung atau ditambahkan gula atau sedikit madu. Ciri khas dari cita rasa teh bunga mawar adalah rasanya ringan dan halus. Bisa juga tercecap rasa pahit atau manis dari kelopak mawar, bergantung pada jenis mawar yang dipakai.