Pilihan Mana yang Lebih Sehat di Pagi Hari, Air Mineral atau Air Lemon?

Hidup Sehat – Diketahui bahwa minum air di saat bangun pagi akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Tetapi ada kalanya kerap mengalami dilema dalam memilih jenis air yang sebaiknya diminum pada saat bangun di pagi hari. Pilihan yang kerap membuat dilema tersebut antara air putih biasa atau dengan perasan air lemon?

Situs Eat This, Not That menjelaskan bahwa posisi air putih sebagai salah satu asupan yang diperlukan tubuh tidak akan bisa tergantukan. Akan tetapi tidak salah apabila air putih digantikan dengan air perasan lemon sebagai alternative agar tidak bosan. Karena baik air putih maupun air perasan lemon memiliki kesamaan tidak mengandung campuran lain seperti gula.

Jennifer Maeng, RD seorang ahli yang praktik di New York City mengatakan “Tubuh kita sekitar 50-60 persen terdiri dari air. Apabila kita kekurangan air atau mengalami dehidrasi, semua oragan akan bekerja lebih keras dalam menjalankan fungsinya masing-masing.”

Mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun melalui urine, feses, serta mencegah akan terjadinya batu ginjal. Begitu pula dengan manfaat yang diperoleh dari kandungan asam sitrat yang terdapat dalam lemon, dapat mencegah terbentuknya kristal mineral yang dapat menjadi batu ginjal.

Menurut Jennifer Maeng, minum air perasan lemon akan memberikan manfaat berupa  efek dari meningkatnya konsumsi air putih setiap harinya. Karena saat ini banyak orang yang tidak minum sesuai kebutuhan air setiap harinya. Jadi dengan minum air putih maupun air lemon di pagi hari akan membantu tubuh terhidrasi sebelum memulai beraktifitas.

Meskipun air lemon aman bila dikonsumsi, namun asam dalam lemon akan dapat membahayakan lapisan pelindung gigi, karena apabila secara terus menerus terkena paparan asam dapat beresiko mengakibatkan gigi mudah berlubang. Sehingga demi mencegah hal tersebut terjadi, maka dianjurkan untuk menggunakan sedotan saat meminum air dengan perasan lemon.

Dianjurkan juga tidak langsung menyikat gigi sehabis minum air lemon. Tetapi sebaiknya diberi jeda hingga satu jam atau bilas terlebih dahulu dengan berkumur air putih guna menghilangkan efek asam. Karena sikat gigi dalam kondisi mulut yang asam dapat beresiko mengakibatkan penipisan gigi atau abrasi.