Dampak Buruk Dari Kebiasaan Kegiatan Sehari-hari

Hidup Sehat – Setiap hari kita melakukan kegiatan tertentu yang mana kita sadari maupun tidak yang bisa berdampak membahayakan kesehatan. Kegiatan sehari-hari ini dapat menimbulkan resiko kesehatan yang mana dalam jangka waktu panjang bisa menimbulkan penyakit yang serius. Berikut ini kegiatan sehari-hari yang bisa membahayakan tubuh dan perlu anda hindari? Berikut daftarnya!

1 Menyimpan Dompet di Saku Belakang

Tempat yang paling nyaman dirasa kebanyakan orang untuk menyimpan dopet adalah di saku belakang celana jeans. Tapi tanpa kita sadiri menyimpan dompet di saku belakang itu tidaklah sehat untuk kita. Menduduki dompet yang kita letakan di saku belakang untuk periode 15 menit singkat dapat menyebabkan tulang belakang bergeser dan ligamen tulang belakang akan mulai berubah. Ini dapat membuat asimetri yang dapat mengganggu penyelarasan pada normal tulang belakang kamu. Duduk di atas dompet yang ada pada saku belakang dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit punggung kronis, linu panggul, dan skoliosis fungsional.

2 Membawa Perangkat Elektronik ke Tempat Tidur

Menurut penelitian terbaru menunjukkan bahwa penggunaan perangkat elektronik sebelum tidur dapat menguranggi waktu tidur dan mengurangi kualitas tidur. Namun, jajak pendapat yang diambil oleh National Sleep Foundation menunjukkan bahwa sekitar 89% orang dewasa dan 75% anak-anak memiliki setidaknya satu perangkat elektronik di kamar tidur mereka. Jika secara teratur menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur, dan juga menyebabkan bertambahnya berat badan dan memicu kelelahan di siang hari. Bahkan juga memengaruhi tingkat produktivitas, kemampuan belajar, dan tingkat stres kita. Mengisolasi diri kamu dari perangkat elektronik selama setidaknya satu jam sebelum tidur akan sangat meningkatkan kualitas tidur kamu dan menjaga kesehatan kamu.

3 Minum Mengunakan Botol Plastik

Logika jika kita berasumsi bahwa minum dengan botol plastik adalah hal yang aman dan sehat untuk dilakukan. Namun, tidak semua bahan sama-sama aman dan ramah lingkungan. Botol plastik menimbulkan ancaman dari bahan kimia yang dilepaskan saat terkena suhu tinggi. Misalnya, jika kamu meninggalkan botol di mobil pada hari yang panas, lapisan dangkal plastik dapat melepaskan bahan kimia beracun (bisphenol A) yang dapat mencemari air yang kamu minum. Zat kimia ini dapat memengaruhi sistem endokrin kamu dan meningkatkan risiko endometriosis bahkan kanker payudara..

4 Membersihkan Telinga Dengan Kapas

Melakukan pembersihan telinga dengan cotton bud lebih banyak merusak dari pada manfaatnya. Menurut sebuah penelitian, membersihkan telinga dengan cotton bud akan mendorong kotoran telinga lebih jauh ke dalam saluran telinga. Bahkan ini juga dapat menyebabkan infeksi, gendang telinga yang berlubang, kotoran telinga yang terkena, dan tinitus. Maka sebaiknya tinggalkan saja kotoran telinga, dan biarkan rontok secara alami. Karena kotoran telinga berfungsi seperti filter untuk saluran telinga dalam mencegah debu dan kotoran masuk ke dalamnya. Membersihkan telinga dengan cotton bud membuat telinga rentan terhadap polusi.

Namun, jika kamu merasa perlu untuk membersihkan telinga kamu, membersihkannya dengan handuk sudah cukup.

5 Terlalu Banyak Meminum Jus

Fakta yang banyak diketahui orang bahwa jus jeruk kaya akan vitamin C, vitamin B, dan berbagai antioksidan. Sebenarnya, minum jus merupakan sebuah kebiasaan sehat. Namun, minum terlalu banyak dapat membahayakan kesehatan kita, karena dapat menyebabkan kerusakan gigi,diabetes tipe 2, dan obesitas. Terlalu banyak minum jus berbahaya bagi kita karena mengandung fruktosa tingkat tinggi. Tidak masalah apa jenis jus yang kamu minum, karena bahkan jus dengan kualitas terbaik masih mengandung gula dalam dosis yang signifikan.

6 Terlalu Banyak Tidur

Tidur merupakan waktu untuk tubuh kita memulihkan diri dan memperbaiki dirinya sendiri.Kamu akan salah berasumsi bahwa lebih banyak tidur sama dengan lebih banyak istirahat dan kesehatan yang lebih baik. Penelitian telah membuktikan bahwa tidur berlebihan membawa sejumlah bahaya kesehatan.Jumlah tidur yang tepat bervariasi dari satu orang ke orang lain, tetapi tolok ukur umum dari tidur yang baik adalah antara 7-9 jam. Anggap ini sebagai pola tidur yang optimal. Terlalu banyak tidur secara teratur telah dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih tinggi, depresi, penyakit jantung, obesitas, dan gangguan fungsi otak.

7 Duduk Terlalu Lama

Ketika orang bekerja, belajar, dan bersosialisasi, mereka sering melakukan kegiatan ini dalam posisi duduk. Dan duduk terlalu banyak membawa sejumlah masalah kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Duduk tidak melibatkan pengeluaran energi yang sangat besar, artinya kamu tidak membakar banyak kalori saat berada dalam posisi duduk. Ini berarti bahwa terlalu banyak duduk berhubungan dengan masalah kesehatan seperti kematian dini, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan obesitas. Jika pekerjaan kamu melibatkan duduk untuk bagian yang lebih baik dari hari itu, cobalah beristirahat dari duduk setiap 30 menit, berdiri sambil berbicara di telepon, atau berjalan- jalan sebentar untuk meminimalkan efek negatif dari duduk terlalu banyak.