Makanan Yang Baik Untuk Dapat Menjaga Kesehatan Hati

Hidup Sehat – Linver yang merupakan organ dalam tubuh manusia yang berukuran besar dan ditutupi oleh tulang rusuk. Liver sendiri membutuhkan dukungan dari kantong empedu, pankreas, dan usus untuk menjaga sistem pencernaan ┬átubuh manusia agar tetap dapat berfungsi dengan baik.

Tugas utama dari liver iadalah menyaring darah yang berasal dari saluran pencernaan sebelum meneruskannya ke seluruh bagian tubuh. Lebih lanjut hati membuat protein yang membantu dalam pembekuan darah dan juga menyimpan gula dalam tubuh yang akan memberi seseorang energi cepat.

Liver yang memiliki begitu banyak fungsi sangatlah penting untuk selalu memastikan keadaannya tetap sehat selalu. Maka dari itu tubuh perlu asupan makanan sehat untuk dapat menjaga hati tetap berfungsi dengan baik. Dibawah ini ada bebarapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh orang untuk memjaga kesehatan liver.

1 Buah sitrus

Sitrus yang sebenarnya marga untuk buah-buah seperti lemon, jeruk nipis, jeruk, jeruk bali, dan aneka jeruk lainnya. Buah-buahan citrus adalah sumber dari antioksidan, vitamin, dan nutrisi yang sangat baik. Termasuk vitamin C, serat, folat, dan kalium. Yang mana Buah-buahan itu juga memiliki kemampuan alami untuk membersihkan hati.

2 Apel

Menurut sebuah penelitian  mengatakan minum jus apel dapat membersihkan hati karena dalam jus apel mengandung asam malat. Yang mana kandungan tersebut dikatakan dapat melembutkan batu empedu dan memungkinkan untuk dikeluarkan dari hati.

3 Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang kaya akan asam lemak Omega 3 dan 6, vitamin E,K, dan lemak tak jenuh tunggal sangatlah sehat. Kombinasi lemon dan minyak zaitun dapat membersihkan tubuh dan membatu hati dengan baik tanpa menggunakan diet detoks.

4 Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau dapat dikonsumsi mentah, dimasak, atau bahkan dalam bentuk jus. Sayuran berdaun hijau penuh dengan krolofil dan menawarkan mekanisme perlindungan yang baik untuk hati.

5 Kunyit

Ini adalah bumbu terbaik untuk menjaga kesehatan hati. Kunyit meningkatkan detoksifikasi hati dengan membantuk enzim yang mengeluarkan racun dari hati. Kunyit juga membantu menjaga kesehatan kantong empedu.

6 Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, terutama yang memiliki cangkang keras dan tumbuh di pohon, adalah terman terbaik untuk organ hati. Kacang-kacangan merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega 3 untuk mendukung pembersihan hati. Namun, penting untuk mengunyah kacang sampai halus di mulut sebelum ditelan.

7 Brokoli

Sayuran ini kaya akan serat makanan, asam pantotenat, vitamin A, B1, B6, dan E, mangan, fosfor, kolin, kalium, tembaga, magnesium, asam lemak omega 3, protein, seng, kalsium, besi, niasin, dan selenium. Studi telah menemukan bhawa brokoli dapat membantu melindungi hati dari pertumbuhan kanker.