Perlunya Menghindari 5 Hal saat Bangun Tidur

Hidup Sehat – Ada beberapa hal yang seringkali atau tanpa disadari dilakukan saat bangun tidur yang justru akan mempengaruhi aktivitas sepanjang hari. Beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan setelah bangun tidur di pagi hari, agar Anda dapat menjalani hari dengan penuh semangat.

  1. Mengecek Ponsel

Kebiasaan yang paling sering kali dilakukan oleh hampir seluruh orang sesaat setelah bangun tidur adalah mengecek ponsel beserta media sosial. Akan tetapi ketahuilah bahwa aktivitas ini yang dapat membuat Anda menjadi merasakan perasaan gelisah, mudah cemas dan tidak bahagia. Dengan melakukan pengecekan media sosial juga dapat menjadikan kita lebih memfokuskan diri akan hal-hal yang tidak terlalu penting.

  1. Mematikan alarm atau menunda alarm untuk bisa tidur lagi beberapa menit

Kebiasaan mematikan alarm dan memejamkan mata kembali untuk bisa tidur beberapa menit lagi sebenarnya kurang efektif bahkan dapat membuat Anda bertambah lelah. Hal ini dikarenakan Anda membuat jadwal baru untuk tidur yang hanya sesaat dan bangun dengan cepat yang dapat menyebabkan lemas, pusing, dan perasaan tidak enak saat terbangun lagi.

  1. Menutup tirai / gorden

Kebiasaan yang tidak kalah sering secara tidak sadar dilakukan adalah menutup tirai karena merasa terganggu dengan paparan sinar matahari yang masuk di pagi hari. Ketahuilah bahwa Anda sudah salah. Cara alami terbaik dalam memberikan pesan untuk tubuh agar bangun, bergerak, serta menghentikan produksi hormone melatonin adalah sinar matahari. Pada pagi hari sinar matahari antara pukul 06.00 hingga pukul 08.30 adalah vitamin D terbaik bagi kesehatan tulang Anda. Marilah mulai kini untuk membiarkan sinar matahari pagi hari masuk ke dalam kamar Anda.

  1. Membereskan tempat tidur

Kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang sering dilakukan secara rutin setelah bangun pagi. Namun kebiasaan tersebut hanya dilakukan oleh sebagian orang. Kegiatan membereskan tempat tidur saat bangun tidur berguna untuk mengusir tungau debu dari tempat tidur Anda. Tungau debu merupakan mikroba yang suka akan kondisi yang hangat dan lembab, yang terdapat di bawah selimut pada malam hari. Oleh sebab itu, membereskan tempat tidur sangat dianjurkan sesaat setelah Anda beranjak dari tempat tidur sehingga tungau debu akan mengalami dehidrasi yang dapat membuatnya mati apabila berada di kasur yang mulai dingin.

  1. Mengonsumsi sarapan berat

Menu sarapan dengan olahan porsi karbohidrat yang terlalu banyak, seperti mi maupun nasi goreng dapat mengacaukan gula darah Anda. Hal ini yang dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih cepat lapar sebelum tibanya waktu makan siang. Disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak protein untuk bisa merasakan kenyang yang lebih lama. Hasil penelitian menyatakan bahwa telur adalah pilihan yang paling baik guna memperoleh protein untuk menu sarapan Anda.