Kenali Tanda-tanda Peyakit Kanker Agar Dapat Segera Diobati

Hidup Sehat – Kanker yang saat ini merupakan penyakit menakutkan bagi banyak orang yangmana di perkuat dengan catatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sebenarnya penyakit yang sangat berbahaya ini dapat diobati jika terditeksi sejak dini sebelum sel kanker menyebar luas.

Untuk dapat mengetahui gejala penyakit kanker memang tidak lah mudah dikarenakan penyakit kanker tidak memiliki gejala khusus yang menandakan kemunculannya.  Karena tanda dari penyakit kanker tergantung pada lokasi kanker, ukuran dan seberapa besar mempengaruhi organ dan jaringan di dekatnya. Dan untuk tanda dan gejala kanker sendiri akan cenderung dialami di berbagai bagian tubuh jika sel-sel kanker tersebut telah menyebar. Namun disini akan kami berikan sedikit pengetahuan tentang gejala penyakit kanker yang paling sering diabaikan oleh semua orang.

1 Menurunnya Berat Badan Yang Tiba-Tiba

Menurunnya berat badan yang secara Tiba-Tiba yang tidak memiliki sebab dan tanpa ada melakukan program diet dapat menjadi salah satu tanda dari penyakit kanker. Menurut America Cancer Society kondisi ini biasa terjadi pada penderita kanker lambung, kanker pancreas, kanker paru-paru atau kerongkongan.

2 Sangat Mudah Lelah

Terjadinya lelah karena rutinitas atau aktivitas tertentu merupakan hal yang sangat wajar. Namun apabila kita merasa lelah meski sudah cukup istirahat dan tidur bisa jadi hal tersebut merupakan tanda dari penyakit kanker perut, leukimia, dan kanker usus besar diketahui cenderung menyebabkan kelelahan.

3 Terjadinya Luka dan Tidak Sembuh-Sembuh

Luka yang tidak sembuh-sembuh bisa merupakan tanda dari penyakit kanker kulit. Sedangkan luka yang berlangsung lama di mulut bisa menjadi tanda kanker mulut. Adapun luka seperti di area genital juga bisa merupakan tanda infeksi ataupun awal kanker didaerah kemaluan.

4 Batuk Kronis dan Suara Serak

Jika mengalami batuk terus-menerus selama berminggu-minggu atau hingga berbulan-bulan hal itu bisa saja merupakan tanda kanker paru-paru. Adapun suara serak di tenggorokan dapat menjadi tanda dari kanker laring atau kelenjar tiroid.

5 Sering Megalami Demam

Sering mengalami demam bisa jadi merupakan gejala dari kanker leukimia dan limfoma. Dikarenakan menurut teorinya kanker dapat menyebabkan infeksi dan menyulitkan tubuh untuk melawan infeksi yang menyebabkan demam.

6 Merasa Nyeri

Rasa nyeri bisa saja merupakan tanda dari penyakit kanker tulang dan testis. Dan untuk gejala tumor otak memiliki gejala rasa nyeri atau sakit kepala yang berketerusan dan tak kunjung sembuh.

7 Terjadi Perubahan Pada Kulit

Jika di bagian tubuh anda memiliki tahi lalt atau bintik yang warnanya berubah atau ukurannya semakin besar itu mungkin merupakan salah satu gejal melanoma atau kanker kulit lainnya. Dan untuk tanda-tanda lainnya yang menandakan kanker kulit ialah kulit gelap akan menjadi kekuningan mata dan kulit memerah, gatal atau pertumbuhan tambut yang sangat berlebih.

8 Sulit Buang Air

Apabila kamu mengalami sembelit yang terus-menerus, perubahan ukuran  pada tinja, atau diare,halini bisa merupakan gejala kanker usus besar atau kanker anus. Dan jika kamu merasakan sulit untuk buang air kecil terus menerus atau menemukan ada darah pada urine atau air mani, bisa jadi merupakan gejala kanker prostat.

9  Adanya Benjolan

Kanker payudara,  kanker testis, dan kanker kelenjar getah bening  dapat menyebabkan benjolan yang bisa dirasakan  di kulit.selain dari benjolan tanda dari kanker payudarah juga bisa dilihat dari warna kulit yang memerah dan menebal.

10  Terjadi Pendarahan yang Tidak Biasa

Adanya Darah dalam tinja atau warna tinja yang menjadi gelap bisa menandakan dari kanker usus besar. Pendarahan yang tidak normal pada vagina dapat menandakan kanker endometrium atau serviks. Pendarahan pada urine bisa jadi salah satu tanda kanker ginjal. Adapun darah pada batuk bisa jadi tanda kanker paru-paru.