Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Hidup Sehat – Mangga merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi bagi semua orang dan sangat gampang dicari saat musim panennya tiba. Buah mangga umumnya memiliki kulit berwarna hijau kekuningan. Rasanya juga beragam ada yang manis dan ada yang asem-asem manis. Mangga adalah tanaman asli dari India dan Asia Tenggara serta telah dibudidayakan selama lebih dari 4.000 tahun. Ada ratusan jenis mangga dengan bentuk,ukuran dan warna yang berbeda-beda. Buah ini sering dikonsumsi karena rasanya yang lezat dan kaya akan nutrisi.

Di balik rasanya yang lezat, buah yang satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mangga kaya akan vitamin,mineral dan antioksidan serta memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Mangga juga cocok sebagai menu diet dalam bentuk dessert maupun hidangan lainnya. Menurut penelitian ada banyak manfaat ketika kamu mengkonsumsi mangga setiap harinya. Salah satunya adalah mangga dapat mengurangi risiko penyakit hati dan kesehatan pencernaan. Berikut manfaat lainnya :

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mangga memiliki nutrisi yang baik bagi kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh memproduksi sel darah putih untuk melawan bakteri, Vitamin A membantu melawan infeksi. Selain itu, kandungan folat, vitamin K, E dan vitamin B untuk meningkatkan imun pada tubuh.

2. Mendukung Kesehatan Hati

Mangga memiliki kandungan nutrisi yang membantu menjaga kesehatan hati. Magnesium, vitamin, potasium dan antioksidan mangiferin pada mangga dapat membantu mempertahankan denyut nadi yang sehat, meningkatkan tekanan darah, dan membuat pembuluh darah menjadi rileks. Selain itu mangga juga memiliki asupan kalium yang dapat mengurangi resiko hipertensi.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dan air yang terdapat pada mangga dapat mencegah sembelit dan diare. Jika dikonsumsi secara rutin maka akan sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Mangga memiliki zat fitokimia yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam beberapa kondisi pada pencernaan.

4. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin pada buah mangga sangat berfungsi sebagai tabir surya alami yang dapat menyerap kelebihan cahaya dan melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya. Kandungan vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata dikarenakan jika tubuh mengalami kekurangan vitamin A maka akan mata akan terasa kering dan mengakibatkan kebutaan pada malam hari.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit Dan Rambut

Mangga mengandung vitamin A dan C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sebum agar menjaga kelembaban rambut. Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Sedangkan vitamin C sangat berperan dalam pembentukan kolagen, kolagen membuat kulit terasa kenyal dan membantu mengurangi kulit keriput.

6. Mengurangi Resiko Kanker

Mangga kaya akan polipenol yang memiliki sifat anti kanker. Polipenol dapat melindungi stres oksidatif yang dikaitkan dengan beberapa jenis kanker yaitu kanker usus besar, payudara, paru-paru dan tulang.