Buah BIT Yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Manfaat buah bit yang banyak mungkin sudah diketahui sebagian orang tanaman yang diperkirakan berasal dari mediterabia ini sejak ribuan tahun silam dipakai sebagai obat kuat. Wana buah bit yang merah keunguan juga sangat sering digunakan sebagai pewarna makanan alami dan bahkan kandungan sukrosa yang teradapat pada buah bit juga sering di manfaatkan untuk pembuatan gula.

Namun manfaat dari buah bit ini tidak hanya segitu saja karena masih banyak manfaat akar bit lainnya terhadap kesehatan. Namun sebelum kita membahas lebih lanjut dari manfaat buah bit ini ada baiknya kami akan menerangkan sedikit nutrisi yang terkandung dalam bit yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Buah atau akar bit mengandung beragam vitamin, mineral, dan komponen organik seperti: Asam folat, Karoten, Lutein, Zeaxanthin, Glisin, Betain, Serat, Vitamin C, Magnesium, Zat besi, Tembaga, Boron, Fosfor, dan Flavonoid (antosianin). Tidak hanya rendah kalori, akar bit juga bebas kolesterol. Akan tetapi, karena kandungan gulanya terhitung yang paling tinggi di antara semua jenis sayuran, maka konsumsinya jelas tak boleh berlebihan.

Selain buah atau akarnya, bagian bit yang juga bernutrisi adalah daunnya. Daun bit diperkirakan memuat: Protein, Fosfor, Zinc, Serat, Vitamin B6, Magnesium, Potasium, Tembaga, Mangan, Vitamin A, Vitamin C, Kalsium, Zat besi  (lebih tinggi dari bayam). Nutrisi di atas membuat daun bit juga dapat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis (dengan menguatkan tulang), melawan Alzheimer, serta menguatkan sistem imun tubuh karena merangsang pembentukan antibodi dan sel darah putih.

Untuk buahnya sendiri memiliki banyak sekali manfaatnya  yang mana diantaranya

1 Menjaga Kesehatan Jantung

Serat yang terkandung pada akar dan daun bit sagat bagus dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida (penyebab penyakit jantung), sekaligus bisa meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).tahu dulu apa saja nutrisi yang terkandung dalam bit. Selain itu, betainnya mampu menurunkan kadar homosistein yang berbahaya bagi pembuluh darah. Intinya, buah dan daun bit efektif mencegah gangguan kardiovaskular dalam berbagai cara karena meminimalisir risiko serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis.

2 Mencegah Kanker

Beberapa studi telah mengungkapkan manfaat lainnya dari buah bit adalah untuk mencegah kanker kulit, paru-paru, pankreas, payudara, prostat, dan usus besar. hal ini berkat pigmen betasianin yang efektif menghalangi pertumbuhan dari sel kanker. Salah satu penyebab munculnya kanker adalah nitrat atau zat yang sering dipakai untuk mengawetkan daging. Nitrat ini sendiri bisa merangsang pembentukan nitrosamin (pemicu kanker dalam tubuh). Hasil studi menunjukkan jus bit efektif menghalangi nutasi sel yang disebabkan nitrosamin tersebut. Para ahli dari Hungaria juga menemukan kalau jus maupun bubuk bit mampu untuk memperlambat perkembangan tumor. Oleh sebab itu, ayo tambahkan sayuran ini dalam menu sehari-hari jika anda ingin terhindar dari kanker.

3 Mencegah Gangguan Pernapasan

Kandungan vitamin C yang ada pada akar bit bisa mencegah gejala asma sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui banyak cara. Tak hanya berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, vitamin C juga mampu merangsang aktivitas sel darah putih sehingga infeksi dan penyakit akibat jamur, virus, maupun bakteri dapat menjauh. Bonus lain datang dari betakaroten yang sangat efektif mencegah kanker paru-paru.

4 Sebagai Obat Kuat

Seperti yang  sudah di bahas pada awal tadi, salah satu manfaat buah bit adalah sebagai obat kuat. Alasannya karena bit mengandung boron, mineral yang dapat mendongkrak produksi hormon seksual. Naiknya kadar hormon tersebut otomatis meningkatkan hasrat seksual, kesuburan, serta mobilitas sperma.

5 Mencegah stroke dan Menurunkan Tekanan Darah

Faktanya dan defisiensi potasium dapat meningkatkan risiko stroke. Potasium merupakan vasodilator yang mampu merilekskan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Bahkan menurut penelitian minum jus bit bahkan mampu menurunkan tekanan darah hanya dalam hitungan beberapa jam saja. Sama seperti potasium, nitrik oksida juga berperan penting dalam merilekskan serta melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasinya akan lebih lancar.

Nah, bila tekanan darah berkurang sehingga pembuluh darah dan arteri tak lagi berkontraksi, maka penyumbatan darah takkan terjadi. Penyumbatan darah inilah yang biasa memicu serangan jantung ataupun stroke. Yang lebih mengesankan adalah buah bit tidak menurunkan tekanan darah secara drastis, namun berkala dan efeknyapun akan dirasakan jangaka panjang sehingga memberi kesempatan bagi tubuh untuk dapat beradaptasi.