Manfaat Temulawak  yang Sangat Baik Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Temulawak yang merupakan tanaman khas Indonesia yang sangat mirip sekali dengan kunyit. Umumnya temulawak memiliki warna kuning muda dan memiliki akar rimpang. Bahkan temulawak sangat baik untuk meningkatkan nafsu makan  yang baik untuk anak.

Temulawak atau yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrizha ini memiliki sangat banyak sekali manfaat. Maka yang dulunya tumbuhan yang awalnya hanya tumbuh dihutan kini mudah ditemukan di padang alang-alang dan tanah kering. Temulawak bisa sangat bermanfaat bagi tubuh dikarenakan mengandung berbagai jenis zat alami dan nutrisi. Beberapa di antaranya ialah Germakron, Tumeron, dan P-toluimetillkarbonol. Dan dibawah ini merupakan beberapa manfaat dari temulawak bagi kesehatan.

1 Menjaga Kesehatan Jantung

didalam temulawak mengandung zat alami untuk antiperadangan yang mampu dalam melawan bakteri dari penyebab berbagai masalah kesehatan. Selain itu dengan mengonsumsi temulawak secara teratur juga sangat ampuh untuk menjaga kesehatan jantung. Dan cara Kita mengonsumsinya bisa sebagai suplemen atau meminum air rebusan dari temulawak.

2 Mencegah Kanker

dikarenakan kandungan anti peradangan yang tinggi inilah temulawak juga bermanfaat untuk mencegah perkembangan sel-sel yang dapat memicu kanker. Sel-sel kanker yang tidak dapat berkembang akan membuatnya mati dan tidak bisa kembali lagi dan dari itu tubuh akan terhindar dari kanker.

3 Menjaga Kesehatan Hati

Dari sebuah penelitian temulawak juga terbukti mampu melindungi dan menjaga kesehatan hati dari berbagai masalah kesehatan seperti hepatotoksin. Gangguan kesehatan dari hepatotoksin yang terus berkembang dapat memperburuk kondisi kesehatan hati dan menyebabkan berbagai jenis penyakit lainnya.

4 Menjaga Kesehatan Otak  

Mengonsumsi temulawak secara rutin juga dapat menjaga kesehatan otak dari berbagai macam masalah dan gangguan. Hal ini dikarenakan kandungan temulawak mampu meningkatkan hormone BDNF yang ada di dalam otak.

5 Menambah Nafsu Makan

Untuk anak-anak pada masa pertumbuhan yang mengalami susah makan atau tidak memiliki nafsu makan kita bisa memberinya suplemen degan bahan baku temulawak untuk meningkatkan nafsu makannya. Manfaat ini bisa diperoleh karena temulawak dapat memperlancar pencernaan, sehingga anak-anak yang mengalami susah makan atau tidak memiliki nafsu makan akan mengalami rasa lapar lebih cepat.