Biji Chia Berkhasiat Menurunkan Berat Badan

Hidup Sehat – Kelebihan berat badan tentu akan menjadi masalah bagi setiap orang yang mengalaminya. Memiliki berat badan yang berlebihan tentunya dapat berujung pada obesitas. Jadi tidak heran apabila memungkinkan berbagai penyakit lainnya semakin mudah untuk masuk ke dalam tubuh.

Salah satu cara untuk dapat mengurangi berat badan hendaknya mengonsumsi makanan dengan  menu dan takaran yang sesuai sajian. Salah satunya menunya adalah dengan mengonsumsi biji chia.

Biji kacang kecil yang berasal dari Amerika Selatan dan Tengah  ini dikenal dengan nama biji Chia. Biji yang berwarna hitam dan putih ini tidak hanya penuh nutrisi tapi juga rendah kalori jadi sangat cicik apabila dijadikan sebagai menu cemilan yang padat dan sehat.

Biji Chia (Chia Seed) ini kaya akan nutrisi. Dalam berat 100 gram-nya saja mengandung 16,5 gram protein,  34,4 gram serat makanan, 7,7 miligram zat besi dan 335 miligram magnesium serta kaya akan asam lemak omega-3.

Seperti yang diketahui, biji chia kaya akan serat. Sehingga tidak heran apabila mengonsumsinya maka perut akan kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Biji chia akan mengembang dan membentuk gel yang tebal apabila dicampurkan dengan air.

Tentunya hal ini sangat berdampak pada pengurangan nafsu makan. Bukan hanya itu, dengan mengonsumsi biji Chia secara rutin juga akan mengurangi jumlah kalori yang terserap dari makanan yang sudah dikonsumsi sehari-harinya.

Biji Chia yang disajikan sebanyak 28 gram atau sekitar 2 sendok makan mengandung sekiranya 138 kalori. Meskipun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun biji chia ini tidak dianjurkan secara berlebihan dalam mengonsumsinya.

Melalui riset yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, dari para partisipan yang diuji mengobnsumsi suplemen biji chia dapat mengurangi nafsu makan serta meningkatkan rasa kenyang.

Biji Chia juga kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan racun yang berada di dalam tubuh. Hingga banyak yang mempercayai bahwa biji chia mengandung antioksidan yang lebih banyak jika dibanding dengan blueberry.

Biji Chia dapat dikonsumsi dengan cara yang cukup mudah. Hanya dengan mencampurkan biji chia ke dalam menu makanan sehari-hari. Cara penyajian lainnya bisa juga dengan menaburkan biji chia mentah pada buah-buahan dan salad untuk memberikan rasa kacang yang gurih.