Dampak Kesehatan yang  Didapat Dari Donor Darah

Hidup Sehat – Darah merupakan salah satu komponen yang sangat penting didalam tubuh manusia. Keputusan Anda untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus.Dan Semakin meningkatnya permintaan darah terkadang menyebabkan PMI mengalami kekurangan stok darah, terutama saat Ramadan dan setelah Lebaran. alasan dari semua ini diantaranya karena masih banyak masyarakat yang masih berpikiran dengan mitos negatif donor darah seperti penularan penyakit, menyebabkan tekanan darah menjadi rendah, dan lain sebagainya, sehingga membuat calon pendonor pun memiliki rasa takut. Namun diluar itu semua ternyata donor dara tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah saja karena donor darah juga memberikan segudang manfaat kesehatan bagi pendonornya.

Berikut ini yang merupakan  manfaat donor darah yang berguna bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1 Donor Darah Untuk Kesehatan Jantung

Donor darah secara rutin diketahui dapat menurunkan tingkat kekentalan darah. Kekentalan darah merupakan salah satu faktor utama yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah. Gesekan yang terjadi pada pembuluh darah ini dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko terjadinya sumbatan pada pembuluh darah.

Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan manfaat donor darah terhadap penyakit jantung. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang rutin melakukan donor darah memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 88 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak pernah melakukan donor darah. Selain itu donor darah juga memiliki manfaat dalam membantu membuang kelebihan zat besi yang ada didalam tubuh. Kandungan Zat besi yang berlebihan didalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Hasil dari proses oksidasi tersebut dapat menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Melalui donor darah, kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

2  Donor Darah Dapat Menurunkan Resiko Kanker

Manfaat donor darah yang selanjutnya adalah mengurangi risiko kanker karena dengan mendonorkan darah dapat menurangi zat besi yang berlebih dalam tubuh Anda dan dapat mempertahankan simpanan zat besi dalam tubuh pada tingkat yang sehat. Untuk kadar zat besi dalam darah yang terlalu berlebihan dianggap sebagai salah satu faktor yang meningkatkan radikal bebas dalam tubuh yang menjadi faktor risiko terjadinya kanker dan penuaan.

Karena dari sebuah penelitian yang dilakulan dengan melibatkan 2 kelompok 1200 orang memperlihatkan manfaat donor darah terhadap risiko kanker. Dan pada bagian kelompok yang melakukan donor darah 2 kali dalam satu tahun. Diketahui memiliki kadar zat besi dalam darah yang lebih stabil dan risiko kanker yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang tidak pernah melakukan donor darah sama sekali.

3 Donor Darah Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang giat membakar kalori dalam tubuh melakukan donor darah juga dapat menurunkan berat badan. Dikarenakan dengan menyumbangkan 450 ml darah akan terjadi proses  pembakaran 650 kalori. Dan jumlah kalori yang terbakar tersebut sudah cukup banyak untuk dapat mengurangi berat badan.

4 donor Darah dapat bermanfaat untuk kesehatan Psikologi

Memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, pastilah akan memberikan kepuasan psikologis tersendiri bagi kita. Dan sebuah penelitian menunjukan bagi orang yang berusia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah bisa merasakan hidup lebih berenergi dan bugar dan menghilangkan stress.

Karena mengetahui bahwa mendonorkan darah dapat membantu kehidupan orang lain, tindakan terpuji ini dapat menghilangkan stres dan membuat Anda merasa lebih baik secara mental atau lebih baik daripada sebelumnya. Merasa Senang Bisa Menyelamatkan Nyawa Orang Lain. Sungguh perasaan yang luar biasa dapat membantu dokter untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Tidak ada pengganti sempurna untuk darah manusia. Darah yang Anda sumbangkan dibagi menjadi berbagai komponen sesuai dengan kebutuhan pasien. Setiap komponen dapat digunakan oleh penerima yang berbeda untuk berbagai keperluan. Kebanyakan bayi yang baru lahir dapat mengambil manfaat dari donor darah tunggal karena kebutuhan darah mereka lebih sedikit. Dari setiap kali anda melakukan donor darah, Anda dapat membantu hingga 3 atau 4 penerima individu. Maka dari jiwa sosial Anda untuk melakukan donor darah dapat menyelamatkan jiwa orang lain.