Efek Buruk yang Diakibatkan dari Kegiatan Bergadang

Hidup Sehat – Bergadang merupakan keadaan dimana seseorang melakukan kegiatan dan tidak tidur hingga larut malam. Manusia seharusnya secara normal tidur minimal 7 hingga 8 jam sehari sedangkan kebanyakan dari orang yang bergadang hanya tidur kurang dari 6jam perhari.

Mengapa kita harus tidur degnan cukup? Karena dengan tidur yang cukup kita akan mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktifitas sehari-hari. Dimana kita membiarkan tubuh kita memperbaiki metabolisme dengan cara tidur. Disaat anda tidur anda akan merileksasikan pikiran Anda Sehingga ketika Anda bangun, Anda akan merasa lebih segar, lebih fit, dan siap untuk memulai  aktivitas sehari-hari anda kembali.

Untuk  jangka Waktu paling baik untuk tidur pada malam hari adalah antara tujuh sampai delapan jam sehari. Orang yang memiliki kebiasaan tidur kurang dari enam jam setiap harinya memiliki resiko 48% mengidap penyakit jantung, hipertensi, obesitas serta meninggal di usia muda yang dikarena serangan stroke.  Sedangkan bagi orang yang tidur lebih dari sembilan jam setiap harinya bisa jadi merupakan gejala awal terjadinya gangguan kesehatan. Jadi disarankan lebih baik Anda tidur secara seimbang antara tujuh sampai delapan jam seharinya tidak kurang dan tidak lebih karena pengaruhnya yang besar bagi kesehatan tubuh Anda.

Maka untuk kasus seseorang yang begadang dapat dipastikan tidak dapat memenuhi waktu minimal untuk tidur yaitu delapan jam sehari. Maka hal negatif yang dapat muncul akibat kurang tidur diantaranya adalah konsentrasi menurun, tidak fokus, tidak bersemangat, merasa lemas dan mengantuk, serta emosi naik atau mudah marah. Begadang banyak menyebabkan kerugian untuk fisik dan psikis seseorang. Secara fisik orang yang begadang secara tidak langsung mencegah tubuh untuk memperbarui atau memproduksi sel-sel baru dalam tubuh. Karena pada saat tidur, semua proses tersebut akan terjadi.

Kebiasaan begadang akan berakibat negatif. Dikarenakan Pada saat tidur tubuh kita membuang semua racun (toxin) dari dalam tubuh. Proses tersebut membutuhkan kondisi tubuh dalam keadaan rileks yaitu pada saat kita tidur. Organ tubuh yang berfungsi menetralisir racun dalam tubuh kita adalah hati. Jika Anda begadang tanpa disadari berarti Anda mencegah hati melakukan fungsinya yaitu membersihkan racun dalam tubuh. Oleh sebab itu bahaya begadang bagi tubuh anda diantaranya. merusak kerja organ hati. Selain itu juga masih banyak bagian organ tubuh yang bisa mendapat implikasi dari bahaya begadang adalah kelenjar getah bening, kandung kemih, usus, paru-paru, dan orang-organ tubuh yang lain.

Efek samping yang dapat anda rasakan secara langsung diantaranya.

1 Memiliki Lingkaran Hitam di Bawah Mata dan Muka Yang Pucat

Cirri-ciri fisik yang sering muncul dan sagat terlihat jika sering bergadang adalah muka akan terlihat lebih pucat dan tidak cerah serta munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Dan juga bisa terlihat dari mata yang merah dan berkantung. Bahkan begadang akan mempercepat munculnya banyak kerutan di sekitar mata.

2 Pusing dan Susah Konsentrasi

Bergadang juga dapat menyebabkan anda kurang konsentrasi dan hilangnya fokus. Belum lagi saat anda bagun dari tidur dimana waktu tidur tersebut kurang dari enam jam maka cenderung anda akan mengalami pusing dan tidak bersemagat, lesu serta tidak bergairah. Dengan kurang tidur juga menyebabkan anda lebih sulit berkonsentrasi maka akibatnya anda akan menjadi pelupa. Bahkan menurut informasi dari sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika dan Perancis yang dilakukan pada tahun 2009, hal yang menjadi faktor penentu otak memproses kemampuan mengingat disebut “sharp wave ripples”. Proses ini terjadi pada saat Anda tidur atau beristirahat. Proses tersebut juga membantu mengingat memori jangka panjang yaitu dengan cara mengirim informasi dari hipokampus ke neokorteks yang terdapat di dalam otak.

3 Begadang Menyebabkan Menurunnya Daya Tahan

Dengan kebiasaan bergadang juga akan mengakibatkan daya tahan (system imun) tubuh yang menurun dan kekebalan tubuh anda

Contoh dari akibat anda terlalu sering begadang adalah Anda lebih mudah terserang flu, demam, batuk, meriang, tidak enak badan, dan lain sebagainya. Itu hanya merupakan beberapa contoh untuk penyakit ringan yang bisa dengan sangat mudah menyerang tubuh Anda. Masih banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh Anda karena daya tubuh Anda menurun seperti penyakit stroke, gangguan ginjal, hati dan paru-paru, obesitas, hipertensi, dan lain sebagainya. Ketika begadang, tubuh akan diforsir untuk terus beraktifitas atau bekerja sampai larut malam, padahal pada kenyataannya tubuh memerlukan waktu untuk istirahat dan memperbarui sel-sel tubuh serta membuang racun di dalam tubuh. Jika waktu istirahat Anda kurang maka otomatis kerja tubuh juga tidak akan sempurna sehingga efek sampingnya adalah daya tahan tubuh Anda menurun.

4 Begadang Dapat Mengakibatkan Anda Mudah Mengantuk

Kebiasaan begadang berakibat Anda mudah mengantuk di keesokan harinya ketika Anda bangun tidur. Hal ini terjadi diakibatlan kebutuhan istirahat Anda belum tercukupi secara baik dan sempurna selama tujuh sampai delapan jam sehari. Kurang tidur sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Hal yang sering terjadi adalah mudahnya mengantuk ketika siang hari. Keadaan ngantuk sangat berbahaya ketika Anda sedang dalam kondisi mengemudi. Telah banyak kasus kecelakaan yang terjadi akibat kelalaian pengendara kendaraan baik motor maupun mobil, yaitu mengemudi dalam keadaan mengantuk. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika memperkirakan bahwa 100.000 kecelakaan mobil serta 1.500 kematian disebabkan oleh kelelahan, penelitian ini dilakukan selama satu tahun di Amerika Serikat. Korban diperkirakan berusia di bawah umur 25 tahun.