Bahaya Yang Bisa Didapat Akibat Duduk Terlalu Lama

 

di kutip dari sebuah studi terbaru menyatakan bahwa orang yang duduk lebih dari 9 jam seharian bisa meningkatkan risiko mati muda. Situasi tak berpindah-pindah yang menjadi gaya hidup ini memang sudah banyak dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai macam masalah kesehatan. Para peneliti juga menganalisa data pada lebih dari 36 ribu orang dewasa dengan rata-rata usia 62 tahun. Tingkat aktivitas mereka dikategorikan dari yang kurang aktif hingga paling aktif.

Yang mana Hasilnya nyaris 6 persen peserta meninggal selama 5,8 tahun periode studi tersebut. Ditemukan kematian lima kali lebih mungkin pada mereka yang kurang aktif, dibanding mereka yang lebih banyak bergerak. karena Setiap orang memiliki lebih dari 600 otot dan sekitar 206 tulang yang tersusun dalam tubuh manusia. Fungsi mereka untuk apa? Tentu saja untuk membantu seseorang bergerak dengan bebas, melakukan aktivitas yang bermanfaat dan menyehatkan. Lantas bagaimana jika otot dan tulang tersesbut justru lebih banyak dianggurkan alias menganggur dengan hanya duduk selama berjam-jam?

“Penemuan kami memberikan bukti secara ilmiah jelas bahwa semakin tinggi aktivitas fisik total, apapun tingkatan intensitasnya, dan kurangnya jumlah waktu tak berpindah-pindah terkait dengan resiko mati muda,” tulis studi tersebut yang dipublikasikan. Melakukan aktivitas dengan intensitas apapun secara rutin dikaitkan dengan penurunan kematian dini. Dan mereka yang sangat aktif 70 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mati muda.

maka akan kami coba menjelaskan secara gamblang, bahwa ini yang akan terjadi pada tubuh jika duduk lebih dari 9 jam sehari.

1 Resiko Terkenak Diabetes

Ketika Anda duduk terlalu lama yaitu  dengan durasi waktu 6 jam tanpa berdiri, maka hal tersebut akan memaksa pankreas anda untuk memproduksi banyak insulin. Dan  efeknya jika hal itu terus terjadi dalam jangka panjang hal ini akan memicu resiko diabetes. Bahkan cukup tinggi kemungkinannya untuk terserang peyakit diabetes Oleh karena itu, sebaiknya berikan tubuh Anda beristirahat dari duduk Anda dengan berjalan sebentar setiap 2-3 jam sekali.

2 Mempengaruhi Tulang Belakang

Duduk terlalu lama juga akan memberikan pengaruh buruk untuk tulang belakang Anda. Yang mana otot-otot di sana tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Sehingga pada akhirnya Anda akan menderita nyeri punggung dan juga leher.

3 Mempengaruhi Kesehatan Jantung

Dengan duduk terlalu lama juga dapat meningkatkan penumpukan lemak di arteri Anda. Maka jelas hal ini akan memberikan akibat buruk pada jantung Anda.

4 Menyebabkan Osteoporosis

Yang paling banyak ditakutkan oleh banyak orang adalah osteoporosis. Ya, tentu saja. Dengan kurangnya gerak dan terlalu banyak dengan duduk diam dengan kondisi yang tegang akan memicu terjadinya osteoporosis pada seseorang.

5 Menyebabkan Pencernaan Terganggu

Mungkin yang satu ini sudah cukup sering dialami yaitu duduk terlalu lama dapat membuat pencernaan terganggu. Bahkan ini sangat mengganggu karena Sembelit, kembung, dan juga mulas akan membuat Anda tidak nyaman duduk terlalu lama dalam jangka waktu yang lama.

6 Mempengaruhi Fungsi Otak

Efek dari duduk terlalu lama yang tidak bisa disepelekan adalah Akibat Yang cukup mengerikan dari duduk terlalu lama ini adalah dengan mempengaruhi fungsi otak. Apa hubungannya duduk terlalu lama dengan fungsi otak?

Sebuah penelitian telah menemukan fakta bahwa duduk terlalu lama akan menghambat aliran darah ke otak. Dan hal inilah yang akan mempengaruhi fungsi otak dalam jangka panjang lantaran kurangnya pasokan darah kebagian otak.