Membakar Kalori Tubuh dengan Cara Unik

Hidup Sehat – Berat badan hingga saat ini masih menjadi hal yang cukup dikhawatirkan bagi sebagian orang. Tidak semua orang suka untuk berolahraga. Namun setiap orang mendambakan berat badan ideal demi menunjang penampilan maupun kesehatan.

Agar memperoleh tubuh yang sehat, maka perlunya untuk menjaga keseimbangan berat badan berdasarkan beberapa faktor, salah satunya adalah faktor usia. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memastikan tubuh terhindar dari kelebihan kalori.

Berikut beberapa cara unik yang dapat membantu membakar kalori tubuh.

Terpapar dingin

Nikmati cuaca dingin, apabila hendak membakar kalori. Karena ilmu pengetahuan mengungkapkan bahwa metabolisme tubuh akan meningkat saat suhu turun.

Seperti yang dilansir jurnal diabetes, riset menunjukkan bahwa mereka yang tidur di kamar yang didinginkan dengan suhu 19 derajat mampu membakar lebih banyak kalori lebih dari tujuh persen dibandingkan dengan mereka yang tidur  di kamar yang lebih hangat. Hal tersebut disebabkan oleh tubuh harus bekerja lebih keras untuk menaikkan suhu dan membakar kalori sewatktu tidur.

Minum air

Kunci utama apabila hendak menurunkan berat badan adalah menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Para ahli melalui Indian Express mengungkapkan bahwa air mampu meningkatkan merabolisme sementara ( baik normal maupun kelebihan berat bdan) dan ini berlaku bagi orang dewasa dan anak-anak sekalipun.

Hal ini disebabkan saat tubuh menerima air dingin, maka tubuh akan mulai menghangatkannya sehingga dapat mencapai suhu tubuh normal dan meningkatkan metabolisme.

Mengunyah permen karet

Dengan mengunyah permen karet dapat memberikan efek rasa kenyang dan dapat menekan asupan kalori. Kegiatan ini akan mengurangi dorongan rasa ingin makan sehingga dapat mengurangi cemilan.

Melalui riset yang sudah dilakukan sebelumnya, dengan mengunyah permen karet selama 20 menit sehabis makan dapat meningkatkan tingkat metabolisme di dalam tubuh.

Tertawa

Dijelaskan bahwa tertawa mampu meningkatkan kesehatan mental dan fisik, bahkan mampu membakar kalori dengan meningkatkan tingkat metabolisme sebesar 10-20 persen. Kesimpulan ini berdasarkan riset yang dilakukan pada 45 pasangan yang di jadikan koresponden untuk menonton film lucu ada film serius.

Donor darah

Donor darah juga dipercaya mampu membantu  menghilangkan kalori. Saat kita menyumbangkan darah, tubuh membutuhkan energy untuk dapat mengisi kembali protein, sel darah merah dan komponen lainnya sehingga disetiap proses tersebut kalori akan membakar kalori.

Meskipun donor darah bukan sebuah rutinitas yang dilakukan setiap hari. Akan tetapi dengan kegiatan donor darah tersebut cukup membantu membakar kalori di dalam tubuh