Mencegah Kanker Otak Dengan Mengetahui Gejala Kanker Otak

Hidup Sehat – Kanker otak merupakan peyakit yang sangat berbahaya yang mana penyakit ini dapat mengancam nyawa penderitanya. Beberapa gejala kanker otak dapat menyerupai gejala penyakit lain yang bisa membuat penderita tidak menyadarinya. Gejala kanker otak yang muncul tergantung pada tipe kanker, lokasi, dan tingkat pertumbuhan kanker otak sendiri. Maka agar dapat diantisipasi dari dini mari simak penjelasan mengenai gejala kanker otak.

Otak sendiri merupakan organ yang memiliki peran penting dalam mengatur berbagai system yang ada pada tubuh kita. Fungsi otak sendiri mencakup akan pengaturan gerakan tubuh, suhu tubuh, dan produksi kormon. Dan otak juga memiliki peran mengendalikan emosi, ingatan, dan kecerdasan, serta menafsirkan informasi yang ditangkap panca indra kita. Ketika terkena kanker otak maka fungsi beberapa fungsi dari otak pasti akan terganggu. Hal tersebut bisa saja sebagai gejala akan kanker otak dan apabila gejala ini cepat disadari kanker otak dapat terdeteksi dan ditangani sejak masi dini sehingga akan lebih besar untuk keberhasilan pengobatannya.

Berikut ini gejala kanker otak yang perlu kita waspadai diantaranya adalah sebagai berikut.

1 Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan gejala yang paling umum pada penyakit kanker otak jenis apapuntermasuk glioblastoma yang mana lebih dari 50 persen pasien penderita glioblastoma mengalami sakit kepala.

Dan untuk sakit kepala ini biasa nya bisa memburuk saat pasien merubah posisi semisalnya menunduk atau melakukan aktivitas yang memberikan tekanan dikepala seperti batuk, bersin, ataupun mengejen. Dan sakit kepala ini bisa dialami sepanjang waktu dan bisa saja terbagun dari tidur dimalam hari.

2 kejang

Kejang merupakan gejala paling sering yang dialami oleh pengidap kanker otak dan untuk kejang yang akan terjadi bergantung pada lokasi tumor.

Jika tumor terdapat dibagian denpan maka gejala kejang yang timbul adalah kejang tonik-klonik (kelojotan)

Dan jika tumor yang terletak dibagikan depan maka gejala yang timbul dapat berupah kejang seluruh tubuh dan juga terjadinya gangguan penglihatan.

3 Mempengaruhi Pergerakan Angota Tubuh

Kanker otak juga dapat menimbulakan gangguan saraf sehingga penderita akan mengalami kelemahan gerak pada anggota tubuh seperti diantaranya penderita sulit untuk mengerakkan kali dan tangannya.

4 Merasa Kesemutan

Pada pasien kanker otak sensasi kesemutan, rasa ditusuk-tusuk, kebas bisa dirasakan. Sensasi ini dapat terjadi pada salah satu bagian tubuh yang kemudian akan menyebar dan semakin berat.

5 Gangguan Pada Penglihatan

Kanker otak juga akan memengaruhi penglihatan penderitanya yang mana Semakin lama kanker menyebar, pasien akan mengalami mata kabur, penglihatan ganda atau berbayang, dan juga sering terbentur saat berjalan.

6 Gangguan Kognitif

Bagi penderita kanker otak juga akan mengalami muda lupa, mudah marah, selalu sedih, menyendiri, dan akan terjadi perubahan keperibadian termasuk diantaranya gangguan kognitif.