Terbangun Malam Hari Diindikasi Empat Penyakit

Hidup Sehat – Kebiasaan terbangun di malam hari dan kesulitan tidur merupakan gangguan pada tidur yang rentan dialami bagi sebagian orang. Kebiasaan seperti ini ternyata bisa dianggap pertanda bahwa tubuh Anda mengalami masalah kesehatan.

Dilansir Daily Mail, Nat Kringoudis, seorang peneliti  yang berasal dari Melbourne, Australia menjelaskan secara mendetail mengenai makna kesehatan di balik masalah tidur yang kerap dialami.

Pukul 23.00 – 01.00 : Kantung Empedu

Kantung empedu mengambil peranan penting dalam proses pencernaan. Gangguan kesulitan tidur dan terbangun di malam hari sebelum pukul 01.00 dapat menjadi pertanda adanya masalah  pada kantung empedu. Pertanda lainnya yang berkaitan dengan gangguan terbangun di malam hari sebelum pukul 01.00 juga disebut sebagai adanya masalah emosional terkait keraguan dan dendam.

Nat Kringoudis menjelaskan “ Bila Anda tidak tidur nyenyak pada pukul 23.00, kemungkinan Anda mengalami masalah pada pertumbuhan dan pemulihan otot.”

Pukul 01.00 – 03.00 : Hati

Pada pukul 01.00 sampai 03.00 dini hari merupakan jadwal kerja pada hati. Pada waktu tersebut hati akan bekerja keras untuk melakukan detoksifikasi zat-zat kimia dan membersihkan darah di dalam tubuh.

Bagi hati yang bekerja terlalu keras ataupun terlalu lemah akan dapat menyebabkan orang tersebut mengalami kesulitan untuk tidur atau terbangun pada jam-jam tersebut. Salah satu penyebab bekerja terlalu keras atau terlalu lemahnya hati adalah mengonsumsi alkohol.

Pukul 03.00 – 05.00 : Paru-paru

Terbangun pada pukul 03.00 – 05.00, merupakan waktu yang terlalu dini untuk bangun. Sehingga hal tersebut dapat memberikan pertanda bagi seseorang tersebut akan terserang pilek ataupun demam. Pertanda lainnya yang berkaitan dengan terganggunya tidur di jam-jam tersebut juga disebutkan terindikasi masalah kesedihan atau kedukaan.

Nat Kringoudis menjelaskan “Bila Anda terbangun di waktu ini sambil terbatuk, kemungkinan akan segera terkena demam.”

Pukul 05.00 – 07.00 : Usus besar

Terbangun pada pukul 05.00-07.00 dapat terindikasi adanya masalah pada usus atau pencernaan. Pada gangguan ini yang terjadi biasanya adanya pertanda keinginan untuk segera ke kamar mandi sesaat setelah terbangun.
Secara umum, untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat agar kesehatan saluran pencernaan dapat diperbaiki. Berikut beberapa conth makanan yang kaya akan serat seperti kacang-kacangan, sayuran dan buahan. Serta tidak lupa untuk menjaga asupan cairan yang cukup.