Mengobati Segala Penyakit Berbahaya Dengan Kayu Secang

Hidup Sehat – Kayu secang yang merupakan kayu dari pohon secang atau dengan nama latin caesalpinia sappan. Untuk kayu secang dapat dengan mudah anda temukan di Indonesia karena untuk pohon secang sendiri berasal dari Asia Tenggara. Pada umumnya kayu secang kebanyakan digunakan bahan pembuat minuman yang mana karena rasa dari minuman dengan bahan kayu secang ini sangat menyegarkan sehingga rempat yang satu ini menjadi bahan minuman  favorit orang-orang keratin didarah jawa. Namun selain dari kayu secang dimanfaatkan sebagai bahan minuman juga  dapat dimanfaatkan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan. Karena kulit kayu secang sendiri bisa memberikan warna merah yang alami.

Didaerah lain selain pulau jawa kayu secang dikenal dengan istilah atau sebutan lain seperti seupeung (Aceh), cacang/ lacang (Minangkabau), sepang (Gayo dan Sasak), dan sopang (Batak). Dan diluar negeri kayu secang dikenal dengan istilah sappanwood yang memakai bahasa Inggris. bagi orang-orang di Jepang Kayu secang juga dikenal dengan sebutan soun. Jadi, jangan merasa heran bila kayu secang memiliki banyak nama.

kayu secang memang memiliki beberapa manfaat yang sangat mengejutkan namun anda jangan heran karena manfaat yang ada pada kayu secang terkait dengn beberapa zat kimia yang terkandung pada kayu secang. dalam kayu secang terkandung beberapa senyawa penting yang bermanfaat bagi tubuh yang mana diantaranya brazilin, brasilein, alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, terpenoid, kardenolin, fenil propana, dan antrakinon. Selain itu, kayu secang juga mengandung asam galat, delta-a phellandrene, oscimene, resin, resorsin, dan minyak atsiri yang ada di dalam kayu secang. Didalam Kayu secang pun memiliki kandungan zat yang khas yang di sesuaikan namanya, yaitu sappanchalcone dan Caesalpin P.

ternyata ramuan tradisional dari kayu secang memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan yang mana dapat mengatasi beberapa penyakit mulai dari yang ringan hingga yang berat sekalipun. Maka dari itu silakan simak bebrapa manfaat yang sangat mengejutkan untuk kesehatan.

1 Melancarkan sistem peredaran darah

Wedang secang atau minuman yang mengunakan kayu secang sebagai bahannya jika anda konsumsi pasti anda akan bingung mengapa setelah mengkonsumsinya anda merasa lebih segar. Bagi anda yang masih belum mengetahuinya ini lah salah satu manfaat dari kayu secang yaitu dapat membuat pembulu darah menjadi lebih rileks dan aterosklerosisi atau penebalan arteri bisa dicegah dan diatasi. Maka dengan kelancaran dari system peredaran darah ini akan memberikan dapak yang positif bagi bagian tubuh yang lainnya.

2 Mencegah penyakit jantung koroner

Yang mana seperti kita beritahu kandungan zat yang terdapat di dalam kayu  secang sangatlah banyak dan salah satunya adalah antioksidan. Kandungan antioksidan yang ada pada kayu secang tidak hanya dapat bermanfaat untuk meningkatkan system kekebalan tubuh saja. Zat-zat yang terkandung dalam kayu secang yang bersifat antioksidan juga bisa mencegah terjadinya salah satu penyakit berbahaya, yaitu penyakit jantung koroner. Karena zat yang ada pada kayu secang ini dapat meredam berbagai radikal bebas. Maka Melalui antioksidan beberapa radikal bebas seperti radikal bebas hidroksil, radikal eroksil, radikal alkoksil, singlet oksigen, hidrogen peroksida, dan anion superoksida bisa dihambat pembentukannya di dalam tubuh dan jantung pun akan lebih sehat.

3 Mengobati Tumor dan Kanker

Kayu secang yang memiliki kandungan kloroform, n-butanol, dan metanol air yang memiliki sifat antikanker. Dapat bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit Tumor dan kanker karena kandungan senyawa yang terdapat pada kayu secang tersebut bisa menghambat dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel-sel tumor dan kanker. Semua ini dikarenakan beberapa senyawa tersebut mimiliki sifat toksik bagi sel tumor dan kanker sehingga sel kanker pun bisa di hambat dan pada akhirnya mati.

4 Mencegah Kerusakan Hati

Kayu secang yang memiliki kandungan senyawa yang diharapkan dapat untuk menghambat penurunan angka SAT memiliki manfaat yang mengejutkan yaitu dapat mencegah kerusakan hati.