Buah Ara Kering Bermanfaat untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Aneka jenis buahan kering sering dianggap sebagai makanan yang kaya akan sumber antioksidan. Salah satunya buah yang dikeringkan yang memiliki manfaat bagi kesehatan adalah buah ara.

Buah ara diketahui mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, seng, tembaga, mangan, dan besi.

Buah ara sangat mudah ditemukan di berbagai tempat dan tersedia di sepanjang tahun. Buah ara kering yang memiliki bentuk bundar ini sering dianggap sebagai cemilan sehat yang memiliki kandungan vitamin, mineral serta antioksidan yang lebih tinggi. Bukan hanya itu saja, buah ara juga sering digunakan untuk membuat manisan, bahan pengawet, bahkan selai.

Berikut manfaat buah ara kering yang dilansir melalui Indian Express :

  1. Kalium

Buah ara diketahui memiliki kandungan yang kaya akan kalium. Kalium sangat baik dalam membantu menjaga tekanan darah. Selain itu, buah ini juga berguna untuk membantu mengoptimalkan kerjanya pencernaan. Hal tersebut didukung karena serat yang terkandung di dalam buah dapat dengan mudah mengisi perut dan membuat perut kenyang lebih lama.

  1. Lemak

Buah ara juga memiliki kandungan lain seperti lemak fenol, omega-3, dan omega- 6 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Bukan hanya itu, asam lemak yang terkandung juga berfungsi mengurangi resiko penyakit jantung koroner serta memiliki dampak penghambatan pada trigliserida.

  1. Menurunkan Berat Badan

Buah ara juga berkhasiat dalam membantu menurunkan berat badan. Buah ini juga cukup direkomendasikan bagi pasien yang menderita obesitas. Bagi mereka yang menyukai selera manis yang tinggi juga bisa menjadikan buah ini menjadi makanan penutup yang sehat.

Hal ini tentunya dikarenakan buah ara kering memiliki tingkat kemanisan yang cukup tinggi. Sehingga mampu memuaskan bagi yang menyukai selera manis dan dapat menjadi penambah kalori bagi tubuh.

  1. Kalsium

Seperti yang diketahui, setidaknya tubuh manusia membutuhkan sekitar 1.000 mg kalsium per harinya untuk memenuhi kebutuhan harian. Karena kalsium tidak diproduksi oleh tubuh, buah ara kering bisa menjadi sumber kalsium yang baik. Itu sebabnya, pentingnya memasukkan buah ini ke dalam menu makanan yang mengandung sumber makanan yang tinggi kalsium.