Manfaat kesehatan Yang ada Pada Kulit Jeruk

Hidup Sehat – Banyak kulit buah yang dibuang dengan begitu saja karena dianggap tidak dapat dimakan. Padahal ada beberapa kulit yang justru mengandung nutrisi sehat, salah satunya adalah kulit jeruk. Jeruk sendiri termasuk salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Kesegaran dari jeruk ini memang memiliki banyak manfaat, seperti dalam membantu turunkan berat badan dan tingkatkan juga sistem kekebalan tubuh.

Bukan hanya buahnya, kulit jeruk ternyata juga kaya akan serat, vitamin C, folat, vitamin B6, kalsium dan nutrisi penting lainnya. Ternyata didalam Kulit jeruk terkandung  polifenol yang mampu melindungi dari berbagai penyakit. Bahkan kulit jeruk juga memiliki sifat anti-kanker, karena adanya limonene, bahan kimia yang ada pada kulit jeruk.Namun sebelum perlu dicuci dengan air panas terlebih dahulu untuk menghilangkan pestisida berbahaya yang ada pada kulit jeruk.

1 Mengurangi Berat Badan

Vitamin C yang terkandung pada kulit jeruk dapat membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badan secara alami. Anda bisa mengonsumsinya sebagai teh dengan dicampur madu sebagai pemanis alami. Di sisi lain kulit jeruk juga bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh sehingga mencegah penyakit jantung dan stroke. Bahkan kulit dari buah jeruk ini juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

2 Menyembuhkan Infeksi, Flu, serta Demam

Kulit jeruk merupakan sumber terbaik yang memiliki kandungan vitamin C serta A, yang mana keduanya merupakan sumber anti-oksidan yang sangat baik untuk kesehatan serta mencegah terjadinya flu, demam, dan beragam infeksi dalam tubuh.

3 Mencegah Kanker (kulit dan paru-paru)

Percaya atau tidak kulit jeruk mempunyai manfaat   yang bisa mencegah beragam jenis kanker yang mengancam tubuh. Flavonoid yang terkandung di dalam  kulit jeruk membantu vitamin C agar bisa bekerja secara efisien dan memperlambat perkembangan sel kanker. Satu studi menunjukkan bagaimana kulit jeruk bisa mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, yang merupakan penyebab fatal kanker kulit. Dengan  mengkonsumsi kulit jeruk secara  teratur akan mempunyai lebih sedikit resiko menderita kanker kulit serta kanker paru-paru dibanding mereka yang hanya makan daging jeruk.

4 Menyingkirkan Garis Halus

Untuk dapat menghilangkan garis halus dengan jeruk maka ada dapat menbuatnya menjadi masker. Maka dengan membuat masker wajah dari kulit jeruk serta madu. Usapkan campuran itu di wajah dan biarkan sampai mengering, selanjutnya bersihkan wajah dengan air biasa. Selain membantu menyingkirkan garis halus, masker ini juga bisa membantu kulit jadi terlihat bersinar.

5 Meringankan Bronkitis

Penyakit bronkitis merupakan salah satu penyakit yang sangat menyakitkan serta susah untuk ditangani Dengan meminum olahan dari kulit jeruk dengan teratur maka ia bisa membantu dalam  mengobati infeksi dan mempunyai efek yang menenangkan.