Tingkatkan Kesehatan Usus dengan 4 Rempah

Hidup Sehat – Sudah tidak diragukan lagi jika Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah. Fungsi rempah-rempah tidak hanya untuk memperkaya cita rasa masakan, namun banyak pula rempah-rempah yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan tubuh.

Seorang ahli gizi asal Australia yang bernama Lee Holmes mengatakan bahwa rempah-rempah juga dapat bermanfaat untuk membantu memperbaiki system pencernaan. Berbagai ragam rempah-rempah yang bermanfaat tersebut, dirangkumkan Lee Holmes seperti yang dilansir Mail Online berikut empat rempah yang baik ditambahkan ke dalam menu makan demi menunjang kesehatan usus.

Jahe

Jahe diyakini oleh masyarakat sebagai rempah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Holmes juga menyebutkan jahe juga berkhasiat dalam memperbaiki jaringan di dinding atau lapisan usus. Sehingga, jahe dianggap mampu menunjang proses penyembuhan penyakit seperti kolitis. Kolitis disebut sebagai peradangan usus besar karena merupakan reaksi inflamsi yang terjadi di usus besar. Kolitis sering ditemukan pada kondisi autoimun maupun infeksi.

Mint

Daun mint merupakan rempah yang mampu mengeluarkan udara atau carminative. Selain itu, daun mint juga kerap dugunakan untuk menunjang kesehatan saluran pencernaan.

Holmes menjelaskan “ bukan hanya dapat meringankan gejala yang berkaitan dengan sindrom iritasi usus saja namun juga dapat mengurangi gejala seperti nyeri perut (dispepsia) dan mual.”

Kunyit

Kunyit diketahui sebagai rempah yang memiliki rasa yang tajam. Dengan mengonsumsi kunyit dapat berkhasiat meredakan kembung dan mampu menunjang fungsi hati. Di samping itu, kunyit juga dikenal sebagai rampah dengan antiinflamasi yang aktif sehingga mampu menunjang kesehatan usus.

Dill

Dill dikenal sebagai jenis rempah yang mampu meringankan gejala dari kram serta perut kembung. Holmes menjelaskan bahwa dill juga dapat berfunsi sebagai sedatif alami serta dapat membantu menghentikan pertumbuhan bakteri yang merugikan di salauran pencernaan.