Dampak Bila Terlalu Banyak Minum Teh

Hidup Sehat – Minuman Teh hampir digemari oleh kebanyakan orang. Minuman ini dianggap pelengkap yang cocok di berbagai kesempatan. Pada musim penghujan, secangkir teh hangat juga sering menjadi pilihan di tengah suhu udara yang sejuk. Bahkan ada yang mampu menghabiskan hingga beberapa cangkir.

Minum teh diketahui dapat memberikan beberapa manfaat. Akan tetapi terlalu banyak minum teh justru tidak baik. Berikut dampak yang bisa saja terjadi akibat minum teh terlalu banyak :

Mengurangi penyerapan zat besi

Pada tanaman teh mengandung senyawa organic tanin, yang dapat melekat pada makanan tertentu yang kaya akan zat besi, serta mencegah penyerapannya. Diketahui kekurangan zat besi sudah menjadi gejala umum bagi sebagian orang, tetapi kelebihan tanin akan semakin memperburuk kondisinya.

Seperti hasil penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya, kandungan tanin pada teh lebih cenderung dapat menghambat penyerapan zat besi yang berasal dari produk nabati. Kenyataannya, bagi Anda yang seorang vegetarian, maka harus lebih diperhatikan.

Menambah stress dan kecemasan

Sama halnya dengan kopi, kandungan kafein yang dipercaya mampu memberikan efek kecemasan dan kegelisahan, juga terdapat di dalam teh. Kenyataannya, daun teh mengandung kafein secara alami. Sehingga saat mengonsumsi minuman ini secara berlebihan, kemungkinan akan membuat Anda merasakan cemas dan stress. Namun yang perlu diketahui bagi berbagai varietas teh, teh hitam lah yang kandungan kafeinnya paling tinggi dibanding teh hijau dan teh putih.

Kurang tidur

Beberapa hal yang harus dihindari saat mengonsumsi teh adalah minum teh sebelum tidur. Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa teh mengandung kafein. Hal itu yang membuat asupan yang berlebihan dapat menggangu pola tidur. Seperti yang sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian bahwa mengonsumsi teh dalam jumlah yang berlebihan mampu memperlampbat proses hormon tidur melatonin.

Pusing

Biarpun jarang terjadi, namun terlalu banyak mengonsumsi teh juga dapat memberikan efek  samping seperti perasaan pusing. Keadaan tersebut semakin diperburuk apabila diminum dalam keadaan perut kosong. Langkah pencegahannya dapat dilakukan dengan minum air dan makan sesuatu agar perasaan tersebut hilang.

Mual

Minum teh dengan jumlah yang terlalu banyak dalam satu waktu dapat menyebabkan mual. Tidak berbeda dengan efek pusing, efek mual juga akan terjadi apabila minum teh dalam keadaan perut kosong.

Tanin, senyawa yang terkandung di dalam teh akan meninggalkan rasa kering dan pahit di mulut. Disamping itu, tanin juga dapat menyebabkan iritasi pada jaringan pencernaan, menyebabkan mual, sakit perut, dan bahkan sakit kepala.