Pola Hidup Sehat Demi Cegah Stroke

Hidup Sehat – Salah satu penyakit tidak menular dan memiliki angka kematian yang cukup tinggi adalah Stroke. Sehingga pentingnya untuk melakukan pencegahan sedini mungkin untuk penyakit Stroke dengan menerapkan pola hidup sehat.

Seorang Praktisi Kesehatan bernama dr Ruth Mariva mengungkapkan dalam acara seminar nasional farmasi yang diadakan di Bandarlampung bahwa Stroke merupakan penyakit yang cukup membahayakan, bahkan menjadi penyebab kecacatan nomor satu. Oleh sebab itu, kita wajib untuk lebih peduli akan pencegahan penyakit ini.

Menurutnya, penyakit stroke ada dua jenis yaitu stroke sumbatan dan stroke pendarahan. Tidak heran apabila stroke menjadi penyakit yang membahayakan karena dapat menyerang siapapun dari semua kalangan tanpa memandang usia maupun gender.

Dr Ruth Mariva menjelaskan “Stroke merupakan penyakit yang membahayakan karena dapat terjadi kapan saja dan tidak terduga, dengan demikian perlunya untuk mencegahnya sedari dini, melalui cara menjaga pola hidup sehat, dan mengobati faktor resikonya.”

Menurutnya, kebanyakan orang saat ini lebih cnderung menerapkan pola hidup instan. Jadi untuk mencegah penyakit stroke ini perlu untuk mengubahnya menjadi pola hidup sehat sedini mungkin.

“Pencegahan penyakit stroke ini dapat dilakukan melalui beberapa upaya seperti menerapkan pola makan empat sehat lima sempurna, istirahat yang cukup, mengurangi tingkat stress melalui pemikiran positif, serta berolahraga,” jelasnya.

Menurutnya, pedoman mencegah lebih baik daripada mengobati cukup efektif karena lebih baik untuk mencegah dengan mengubah pola hidup sehat sedini mungkin, dibandingkan harus mengobati dan mengeluarkan banyak biaya.