Cara Tepat Mengobati Bintitan Di Kelopak Mata

Hidup Sehat – Kelopak mata yang mengalami peradangan dan infeksi yang menyebabkan pembengkakan atau biasa yang kita sebut dengan bintitan. Disaat anda mengalami bintitan dikelopak mata pastinya akan sangat terganggu baik itu dari segi penampilan maupun kenyamanan.

Di daerah kelopak mata manusia memiliki kelenjar minyak yang terletak di bagian dalam dan juga luar kelopak mata. Untuk kelenjar minyak bagian luar berhubungan dengan bulu mata yang menempel pada kelopak mata sedangkan minyak yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar ini berfungsi untuk membantu melembabkan mata dan menjaga air mata untuk tetap didalam wilayah bola mata.

Kelenjar minyak di mata sewaktu-waktu dapat mengalami infeksi dan tersumbat maka kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya peradangan pada mata. Peradangan ini sendiri dapat terjadi di bagian dalam atau pun luar  bagian mata tergantung pada kelenjar minyak yang bermasalah.

Penyebab Munculnya Bintitan Di Kelopak Mata

Bintitan pada umumnya disebabkan oleh gangguan yang terjadi disaluran kelenjar minyak ataupun infeksi bakteri. Untuk orang yang menderita kencing manis radang pada kelopak mata atau kelainan pada kelenjar minyak lebih rentan mengalami masalah bintitan. Dan kadar lemak yang berlebih di dalam darah juga dapat meningkatkan resiko terjadinya penyumbatan saluran kelenjar minyak di kelopak mata. Bintitan sendiri dapat berkembang menjadi kalazion apabila tidak ditangani dengan benar. Kalazion sendiri merupakan pembengkakan pada kelopak mata tanpa adanya rasa nyeri atau kemerahan. Dan kalazion dapat mengganggu penampilan, menimbulkan luka parut pada kelopak mata hingga  mengiritasi kornea. Selain dari kalazion dapak lainnya yang bisa muncul dikarenakan bintitan yang tidak ditanggani dengan benar adalah melebarnya infeksi tersebut ke jaringan kulit di sekitar mata.

Mengobati Bintitan Dikelopak Mata

Untuk penganan bintitan yang benar ada baik nya anda ke dokter dikarenakan dokter dapat menentukan dari diaknosis dikeloak mata dari gejala dan hasil dari pemeriksaan fisik yang khususnya  dilakukan pada kelopak mata bagian luar dan dalam untuk menentukan secara pasti letak dari infeksi.

Bintitan biasanya ditandai dengan kelopak mata yang bengkak, merah, dan juga rasa nyeri. Dan pada kelopak mata yang benkak biasanya dapat terlihat dengan jelas nanah yang terjebak seperti jerawat. Bintitan biasa diawali dengan pembengkakan dan kemerahan di seluruh area kelopak mata yang kemudian mengumpul menjadi satu titik. Bintitan di kelopak mata dapat sembuh sendiri dalam jangka waktu 1-2 minggu dengan pengobatan secara mandiri. Caranya adalah dengan mengompres kelopak mata dengan handuk hangat selama 10 menit, sebanyak 3-4 kali sehari. Cara ini dilakukan untuk meredakan gejala dan mempercepat proses penyembuhan. Namun bila keluhan tidak membaik, Anda dapat mengunjungi dokter mata. Dokter dapat memberikan pengobatan antara lain dengan:

1 Pemberian Obat Antibiotik

Dokter dapat memberikan obat antibiotik yang berbentuk salep mata. Antibiotik diberikan dengan tujuan untuk membunuh bakteri yang berkembang pada daerah infeksi sehingga mempercepat proses penyembuhan. Antibiotik yang diminum juga dapat diberikan apabila infeksi sering kambuh atau meluas.

2 Cabut Bulu Mata

Untuk mengatasi penyumbatan pada kelenjar minyak bagian luar, dokter dapat mencabut bulu mata di sekitar tempat peradangan tindakan ini bertujuan untuk membuat nanah yang terjebak dalam tempat peradangan agar dapat mengalir keluar.

3 Operasi

Operasi dengan bius lokal dapat dilakukan apabila ukuran bintitan cukup besar atau tidak merespons pengobatan ataupun operasi juga dapat dilakukan apabila sudah terbentuk kalazion.

 Cara Pencegahan Yang Dapat Dilakukan Untuk Mencegah Bintitan Dikelopak Mata

Untuk mencegah bintitan terjadi pada kelopak mata, Anda dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan di area mata. Jika area mata terlihat kotor, sebaiknya bersihkan dengan kasa steril yang sudah dibasahi cairan natrium klorida, atau dengan air hangat dan sabun yang tidak menyebabkan iritasi seperti sabun bayi. Dan jangan sembarangan menyentuh area mata dengan tangan yang dalam kondisi kotor. Mencuci tangan setiap selesai beraktivitas dapat mencegah terjadinya penyebaran infeksi. Khususnya bagi wanita sangat penting untuk membersihkan make-up atau riasan mata sebelum tidur agar dapat terhindar dari bintitan di kelopak mata. Selain itu, Anda juga sebaiknya menjaga pola makan dengan mengurangi makanan berlemak serta memperbanyak makan sayur dan buah-buahan.