Ketahuilah Makanan dan Minuman Yang Berserat Tinggi

Hidup Sehat – Berikut makanan dan minuman yang dianggap bisa membuat Anda lebih sehat dan berumur panjang sehingga kerap menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

Kacang

Kacang adalah makanan yang mengandung serat yang tinggi. Serat tersebut sangat penting untuk kesehatan karena mampu mendukung bakteri usus baik berkembang. Selain serat, kacang juga mengandung protein yang tinggi.

Apabila dikombinasikan kacang dan biji-bijian utuh sama halnya seperti nasi dan jagung membentuk protein yang lengkap, karena mengandung semua asam amino yang dibutuhkan bagi kesehatan. Beberapa jenis kacang seperti almond an pistachio juga mengandung lemak sehat , serat, kalium, magnesium, dan protein. Jenis kacang tersebut juga dipercaya bagi sebagian orang bahwa yang memiliki kebiasaan mengonsumsinya dapat memiliki umur panjang, bahkan hingga 100 tahun.

Melalui Insider, ahli nutrisi Buettner mengatakan “Jika Anda mengonsumsi beberapa ons kacang setiap harinya, kemungkinan Anda akan memiliki harapan hidup bertambah hingga beberapa tahun.

Minyak Zaitun

Olive oil (minyak zaitun) mengandung penuh akan lemak sehat yang baik digunakan dalam berbagai menu. Minyak ini baik dikombinasikan bersama dengan roti, salad, dan sayuran. Selain itu baik digunakan untuk memasak sebagi pengganti minyak biasa.

Olive oil (minyak zaitun) mengandung kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang baik untuk menurunkan kolestrol jahat atau LDL, sehingga dapat memperkecil resiko penyakit jantung. Di samping itu, minyak ini juga memiliki zat anti-inflamasi dan antioksidan yang berkhasiat dalam mengurangi resiko beberapa jenis penyakit kronis, misalnya kanker, diabetes, Alzheimer, dan sindrom metabolik. Walaupun diketahui mengandung kaya lemak maupun kalori, minyak zaitun ini juga berkhasiat dalam penurunan berat badan.

Sayuran

Sayuran mengandung kaya akan serat. Bahkan beberapa jenisnya seperti brokoli, kembang kol, dan kol diketahui menjadi kunci untuk memperoleh umur panjang. Buettner mengungkapkan di Sardinia, Italia, diet tinggi sayuran bermanfaat bagi fungsi tiroid dan berpotensi memperlambat proses penuaan.

Selain kaya akan serat, sayuran ini juga mengandung folat serta vitamin C,E, dan K yang sangat penting untuk kesehatan, baik dari otak, kesehatan system saraf hingga tulang yang kuat hingga memperkuat system kekebalan tubuh.

Air mineral

Air mineral memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan. Mengonsumsi air mineral sesuai yang dibutuhkan tubuh dapat memberikan manfaat awet muda dan memperoleh umur panjang.

Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman favorit bagi kebanyakan orang di seluruh dunia. Beberapa riset membuktikan bahwa dengan mengonsumsi kopi baik untuk kesehatan guna mengurangi resiko penyakit jantung dan hati, serta mampu mendukung kesehatan otak.

Bagi yang kurang menyukai kopi, teh bisa menjadi alternative pilihan lainnya. Misalnya teh hijau adalah salah satu jenis teh yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, misalnya melindungi dari resiko penyakit kanker, serta menurunkan resiko diabetes. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak pemanis buatan maupun berbagai jenis gula lainnya.