Langkah Mudah Menghilangkan Gatal pada Vagina

Hidup Sehat – Vagina adalah organ intim wanita yang sangat perlu untuk dijaga kebersihannya. Rasa gatal merupakan kondisi yang paling sering dihadapi oleh sebagian wanita pada umumnya. Rasa tersebut tentunya tidak mengenakkan dan sangat mengganggu.

Seorang professor kebidanan dan ginekologi klinis di Northwestern University Feinberg School, Lauren Streicher, MD mengatakan “ Rasa gatal pada vagina sangat kerap terjadi, namun ada perbedaan besar antara sedikit rasa gatal dan bangun sepanjang malam dengan memikirkan bahwa Anda tidak akan tahan dengan rasa ini.”

Dilansir melalui Womenshealthmag, berikut hal yang dapat dilakukan apabila mengalami gatal pada vagina.

  1. Sabun tidak cocok

Bagian terluar vagina (Vulva) merupakan daerah yang sensitive. Beberapa jenis sabun, terutama yang mengandung wewangian berbau harum, hal tersebut yang dapat membuat bagian vulva rentan akan terasa gatal. Langkah yang bisa dilakukan sebaiknya cobalah untuk beralih ke sabun hypoakkergenic.

“Ada kalanya hanya dengan mengganti produk akan memberikan perbedaan,” ungkap Streicher.

  1. Pembalut mengandung wewangian

Hal yang kerap dialami sebagian wanita adalah reaksi alergi terhadap pembalut yang digunakan saat menstruasi yang rentan memicu rasa gatal yang cukup serius. Hal tersebut dikarenakan beberapa jenis pembalut menstruasi mengandung parfum yang dapat menyebabkan iritasi. Apabila anda merasakan gatal yang teramat setelah menstruasi, maka berhenti untuk menggunakan pembalut dengan jenis yang mengandung wewangian.

  1. Gunakan vagisil

Krim vagisil memiliki fungsi untuk membantu melawan rasa gatal pada vagina. Krim ini berfungsi melindungi kulit vulva dari berkembangnya iritasi dan membuatnya terasa lebih baik. Langkah yang bisa dilakukan adalah gunakan krim ini setiap saat merasakan gatal yang kemungkinan disebabkan dari mengonsumsi antibiotic.

  1. Gunakan krim infeksi jamur

Kebanyakan wanita yang setiap mengalami rasa gatal menganggap penyebabnya dikarenakan memiliki infeksi jamur. Namun sebenarnya tidaklah selalu demikian adanya. Apabila benar adanya, pernah mengalami infeksi jamur tersebut, dan memastikan hal tersebut yang dihadapi maka pengobatan dengan menggunakan krim infeksi jamur akan membantu.