Alasan Bekerja Berdampak Baik pada Kesehatan

Hidup Sehat – Di era global ini, semakin padat penduduk yang membutuhkan pekerjaan sebagai mata pencaharian. Bekerja merupakan cara untuk mengis rejeki dengan mendapatkan penghasilan atau upah atas pekerjaan yang menjadi mata pencahariannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Selain itu, bekerja juga menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Dilansir  melalui laman Woman Magazine, berikut manfaat bekerja bagi kesehatan.

  1. Latihan fisik

Aktifitas berangkat kerja dari rumah menuju tempat kerja begitu juga dalam perjalanan pulang kerja secara tidak langsung juga merupakan latihan fisik. Dengan memperbanyak bergerak dan mengurangi durasi hanya duduk di kantor dapat mencegah berbagai resiko kesehatan.

  1. Memiliki lebih banyak teman

Bekerja merupakan jalan membuka kehidupan sosial yang lebih aktif dengan memperluas jaringan pertemanan dalam lingkaran sosial. Bukan hanya di kantor, banyak rekan yang tetap berinteraksi dengan berkomunikasi bahkan selepas jam kerja. Hal ini semakin didukung bagi tempat kerja yang bersifat inklusif yang membuka peluang dengan memperkerjakan semua lapisan.

  1. Jaga kesehatan mental

Kesehatan bukan hanya dapat dilakukan melalui berolahraga saja, namun menjaga kesehatan mental juga diperlukan. Melalui fase terus belajar, merasa produktif, membantu orang lain dapat membuat seseorang menikmati hidup yang lebih bahagia dan  merasakan kenyamanan dengan diri sendiri.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Sebuah pencapaian akan keberhasilan mampu meningkatkan kepercayaan diri. Kepercayaan diri akan tumbuh seiring dalam menghadapi tantangan dan peluang di dunia kerja. Seiring dengan meningkatnya kepercayaan atas diri sendiri secara langsung dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

  1. Belajar wawasan baru

Bukan hanya di sekolah, tempat kerja juga merupakan lokasi tepat untuk dapat belajar menambah ilmu pengetahuan yang lebih banyak lagi. Seperti pepatah mengatakan tidak ada kata cukup untuk belajar. Seseorang dapat menambah wawasan berkomunikasi menjadi lebih baik, penyelesaian masalah, manajemen konflik, serta pengaturan waktu.