Berbagai Manfaat Yang Di Miliki Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Buah srikaya ternyata memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan yang mana diantranya dapat berkhasiat untuk perawatan kecantikan dan berbagai jenis penyakit. Karena buah yang memiliki bentuk yang sangat unik ini sangat kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Buah srikaya yang memiliki nama latin Annona squamosa L atau yang populer disebut dengan apple custard atau sitafal bagi orang India. Buah yang tumbuh di daerah tropis ini termasuk kedalam kelompok Annonacea dengan daging buahnya yang sangat lembut berwarna putih dan rasanya yang manis. Buah srikaya memiliki begitu banyak manfaat dari nutrisi yang terkandung di dalamnyaa seperti protein, karbohidrat, vitamin A, B, C, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, potasium, dan niasin. Bahkan Srikaya juga kaya senyawa lain seperti ornitin, arginin, mucilago, sitrulin dan asetinogen.

Tekstur daging buah srikaya yang manis ini juga kaya akan serat dan rendah lemak dengan kandungan gula alami, asam amino, dan kalori yang tinggi. Mengonsumsi buah ini dapat meningkatkan energi dan buah ini sangat enak dibuat es buah ataupun jus. Berikut ini beberapa manfaat buah srikaya bagi kesehatan yang kami rangkum dari berbagai sumber yang baik untuk tubuh.

Menangkal Penyakit Asma

Kandungan vitamin B6 dalam buah srikaya sangat berguna untuk meredakan peradangan bronkial dan dapat mencegah penyakit asma. Maka dengan konsumsi buah ini secara berkala dapat meningkatkan khasiatnya.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung dalam buah srikaya ini sangat berguna untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dan Vitamin C yang ada pada buah srikaya ini juga baik untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh.

Menyembuhkan Penyakit Kanker

Kandungan senyawa seperti  asetogenin seperti glukopiranosid kolesteril, annotemoyin-1, dan skuamostanin yang terkandung dalam buah srikaya memiliki efek sitotoksik dan membunuh sel-sel kanker. Apalagi buah ini memiliki sifat antioksidan yang sangat ampuh untuk melindungi tubuh dari kanker.

Menangkal Serangan Jantung

Kandungan magnesium yang terdapat dalam buah srikaya berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengendurkan otot. Kandungan vitamin B6 buah ini juga berguna dalam melindungi hati dan menekan risiko akan serangan jantung.

Menekan Resiko Diabetes

Manfaat buah srikaya juga cukup baik untuk menekan risiko terkenak penyakit diabetes mellitus. Selain mampu mengontrol kadar glukosa darah,nutrisi buah ini juga dapat membantu dalam produksi insulin dalam tubuh.

Mengatasi Anemia

Buah Srikaya yang mengandung kalori, zat besi, dan tembaga yang memiliki peran sangat penting dalam pembentukan hemoglobin sehingga efektif dalam mengatasi anemia. Buah ini juga berfungsi sebagai ekspektoran, stimulan, pendingin. Bahkan untuk ibu hamil sangat dianjurkan untuk makan buah srikaya ini.

Mengontrol Hipertensi

Di dalam Buah srikaya juga banyak mengandung kalium dan natrium yang memiliki fungsi mengontrol tekanan darah dan meredakan hipertensi. Buah ini juga baik untuk melemaskan otot dan juga mencegah stroke.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah srikaya juga banyak mengandung vitamin A dan C yang mana kita tahu sangat berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Apalagi vitamin B2 dan riboflavin buah ini juga sangat baik untuk menambah tajam penglihatan.

Baik untuk Diet Dalam Menurunkan Berat Badan

Dalam satu buah srikaya rata-rata mengandung serat makanan sebanyak 6 gram. Yang mana selain baik untuk melancarkan pencernaan juga baik untuk menurunkan berat badan. Apalagi kandungan  gula alami yang dimiliki buah srikaya ini sangat baik untuk menyuplai energy untuk  tubuh.

Itulah beberapa manfaat penting dari buah srikaya untuk tubuh yang tidak banyak diketahui semoga rangkuman yang kami buat ini dapat bermainfaat bagi anda semua.