Kulit Ayam, Enak sih tapi Sehat gak?

Hidup Sehat – Pesona kulit ayam hampir digemari sebagian besar orang, terutama jika disajikan dengan krispi atau renyah. Namun sebenarnya mengonsumsi kulit ayam tersebut apakah menyehatkan?

Sebagian orang khawatir dan menghindari untuk memgonsumsi kulit ayam. Karena banyak orang meyakini mengonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan tekanan darah, kadar kolesterol, hingga meningkatkan resiko masalah pada jantung. Ketahuilah jika  mengonsumsi kulit ayam dalam porsi wajar, sebenarnya tidak dapat membahayakan kesehatan.

Dilansir dari Boldsky, berikut ulasan fakta mengenai sehat atau tidaknya mengonsumsi kulit ayam.

Fakta Pertama

Kulit ayam tentunya menjadi kesukaan banyak orang  tersebut terdiri dari lemak. Kandungan lemak dalam 1 ons kulit ayam terdiri dari 8 gram lemak tak jenuh dan 3 gram lemak jenuh.

Fakta Kedua

Lemak dalam kulit ayam merupakan lemak tak jenuh atau asam oleat. Tingkat moderat lemak tak jenuh pada kulit ayam dapat menurunkan kadar kolesterol. Sehingga denganmengonsumsi kulit ayam mampu meminimalkan resiko stroke dan serangan jantung.

Fakta Ketiga

Jika Anda tergolong orang yang mengkhawatirkan kalori, maka Anda sebaiknya mengetahui perbedaan antara kalori ayam dengan  atau tanpa kulit tidak begitu berbeda. Pada kulit ayam hanya mengandung ektra kalori yang tidak terlalu jauh berbeda.

Fakta Keempat

Mengonsumsi ayam yang memiliki lapisan kulit ayam memiliki keuntungan tersendiri. Keuntungannya adalah minyak yang diserap oleh daging yang masih dilapisi kulit lebih sedikit dibandingkan dengan ayam tanpa kulit.

Fakta Kelima

Tentunya makan kulit ayam yang rasanya enak dan renyah sering membuat orang lupa diri hingga mengonsumsinya terlalu banyak. Namun perlu diperhatikan apabila mengonsumsinya kebanyakan dapat menyebabkan radang. Sehingga solusinya perlunya moderasi saat mengonsumsi kulit ayam.

Fakta Keenam

Mengonsumsi kulit ayam ini tentunya dapat memuaskan mood makan Anda, sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan lagi. Kondisi demikian dapat menahan hasrat untuk mengonsumsi makanan manis.

Fakta Ketujuh

Saran bagi Anda yang hendak mengonsumsi ayam dengan kulitnya, sebaiknya tidak menggorengnya hingga kulitnya terlalu renyah. Mungkin Anda akan merasakan kurang puas apabila tidak renyah namun kondisi demikian yang membuat makanan tersebut memiliki nilai gizi yang rendah dan berbahaya bagi kesehatan.