Segudang Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Hidup Sehat – Telur merupakan bahan makanan yang disukai hampir seluruh masyarakat Indonesia. Biasanya telur dapat dikombinasikan menjadi berbagai menu makanan seperti nasi goreng, kue, tumisan sayuran, dan jenis makanan lainnya sebagai pelengkap rasa. Bahkan hanya dengan digoreng atau direbus saja, telur sudah menjadi suatu sajian makanan yang cukup digemari. Terlebih lagi, telur mengandung berbagai kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

Dilansir Pinkvilla, berikut penjelasan manfaat telur untuk tubuh.

Kaya protein

Bagi yang sedang menjalankan program diet, tentunya membutuhkan asupan protein yang cukup. Di dalam satu buter telur mengandung sekitar enam gram protein. Bukan hanya itu, telur juga mengandung semua asam amino penting, yang akan membantu protein bekerja di dalam tubuh.

Baik untuk mata

Telur juga menyimpan kandungan antioksidan yang kuat seperti lutein dan zeaxanthin. Antioksidan tersebut akan berkumpul di retina mata. Telur juga diketahui mengandung kaya akan vitamin A. Sehingga mengonsumsi telur sangat baik untuk kesehatan mata. Seperti yang kita ketahui bahwa kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan yang terbanyak di dunia.

Bagus untuk otak

Telur mengandung sebagian besar vitamin dan mineral yang diperlukan otak dalam menjalankan fungsi dari sel, memori, system saraf, dan metabolisme secara teratur. Jadi baik untuk konsumsi telur, demi menjaga kesehatan otak.

Menurunkan Resiko penyakit jantung

Tentunya bukan rahasia lagi jika kolesterol jahat dapat membahayakan bagi kesehatan serta dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Hasil penelitian yang pernah dilakukan menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi telur dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.