Kenali Manfaat dan Bahaya dari Makan Kulit Jeruk

Hidup Sehat – Jeruk merupakan salah satu buah yang populer di seluruh dunia. Buah ini juga menjadi pilihan favorit saat musim dingin. Bulir dari buah tersebut banyak mengandung manfaat untuk kesehatan.  Pada umumnya, mengonsumsi buah jeruk maka kulitnya akan dikupas dan dibuang. Secara sadar memang kulit jeruk jarang untuk dikonsumsi secara langsung. Namun kini Anda harus terbiasa dengan hal ini, karena banyak manfaat kesehatan di dalamnya.

Berikut penjelasan mengenai kulit jeruk yang terlansir di Indianexpress.

  • Apa kandungan kulit jeruk?

Jeruk mengandung kaya akan vitamin. Bukan hanya itu, sebagian besar orang juga meyakini bahwa kulit jeruknya juga mengandung beberapa nutrisi vitamin C, serat, dan senyawa tanaman seperti polifenol. Tentunya dengan demikian adanya manfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan system pencernaan.

Tidak hanya itu, polifenol yang terkandung di dalam kulit jeruk juga dapat mencegah bahkan dapat mengobati berbagai penyakit kronis seperti obesitas, penyakit Alzheimer, dan diabetes tipe 2. Bukan sekedar itu saja, diketahui bahwa kulit jeruk juga mengandung banyak vitamin B6, kalsium, provitamin A, dan folat.

  • Bagaimana cara mengonsumsinya?

Tentunya mengonsumsi kulit jeruk cukup asing bagi kebanyakan orang. Namun tidak salahnya membiarkan tubuh Anda untuk terbiasa dengan hal tersebut. Caranya, Anda bisa mencoba untuk mulai makan dengan menggigit kulitnya. Namun untuk menghindari masalah perut, Anda bisa mencoba pengenalan dengan potongan yang kecil saja terlebih dahulu, jangan terlalu banyak untuk pertamanya.

Tetapi ada cara lain yang bisa dilakukan dengan kreasi dalam mengonsumsi kulit jeruk tersebut yaitu Anda bisa memotong atau mengiris tipis kulit jeruk dan menambahkannya ke salad atau smoothie. Cara berikutnya Anda juga dapat mencoba untuk  menambahkan sedikit kulit jeruk ke yogurt, muffin, atau kue. Akan tetapi yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsinya, ingat untuk mencuci buah terlebih dahulu.

  • Kelemahannya

Sebelum mengonsumsi kulit jeruk, tentunya ada beberapa hal yang perlu diingat. Kulit merupakan lapisan penutup luar yang rentan mengandung sisa-sisa pestisida. Sesuai dengan yang sudah disebutkan sebelumnya untuk mencuci buah dengan benar terlebih dahulu hingga bersih sebelum mengonsumsinya.

Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah kulit jeruk yang memiliki tekstur yang sedikit keras, serta kandungan seratnya yang cukup tinggi, namun kulitnya akan mungkin sulit untuk dikonsumsi serta dicerna. Apabila kurang diperhatikan, mungkin dapat menyebabkan perut Anda tidak terbiasa akan kulitnya.

Baik untuk mencoba mengonsumsi kulit jeruk terlebih dahulu. Meskipun kebanyakan orang yang telah mengonsumsinya menyebutkan bahwa rasanya tidak enak dan cukup aneh bagi sebagian orang yang memang tidak terbiasa. Sehingga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi maupun dokter apabila hendak memasukkannya ke dalam menu diet rutin  Anda.