Khasiat Kesehatan Dari Bunga Lawang

Hidup Sehat – Sebagian besar orang mungkin jarang atau bahkan tidak pernah mendengar apa itu bunga lawang. Bunga Lawang atau biasa di daerah Indonesia dikenal dengan nama Pekak yang merupakan rempah-rempah asli Cina selatan dan Vietnam.

Jangan salah bunga lawang bukan termasuk jenis bunga seperti yang kita tahu pada umumnya. Bunga lawang ini adalah salah jenis rempah-rempah unik yang kaya akan rasa. Bunga lawang biasanya sering digunakan sebagai penyedap makanan terutama di Asia karena aroma harum yang khas milikinya. Secara ilmiah, bunga lawang dikenal dengan nama Illicium verum. Bunga berwarna coklat ini berbentuk mirip bintang yang terdiri dari delapan ruas. Pada tiap ruasnya terdapat biji kecil berwarna coklat. Selain untuk masakan, rempah ini juga banyak dijadikan sebagai obat-obatan herbal yang dipercaya memiliki banyak sekali khasiat.

Seperti pada obat herbal umumnya bunga lawang juga megandungan nutrisi yang melimpah. Bunga lawang kaya akan flavonoid dan polifenol sehingga rempah ini dianggap baik bila digunakan sebagai obat herbal. Selain itu, beberapa senyawa dalam bunga ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh yang mana di antaranya, Linalool, Quercetin, Limonene, Anethole, Asam galat, Asam shikimat. Dengan memiliki berbagai senyawa tersebut, membuat bunga lawang memiliki sifat antiperadangan, antioksidan, dan antimikroba. Selain itu, rempah yang satu ini juga mengandung zat besi, vitamin C, kalsium, kalium, magnesium, lemak, dan serat makanan yang tak kalah baik untuk tubuh. Jumlah kalori dalam bunga lawang juga cukup rendah, yakni 1 sdm bunga lawang hanya mengandung 23 kalori.

Dan ternyata Sejak dulu, bunga lawang telah digunakan dalam sebagai bahan pengobatan tradisional Tiongkok. Untuk mengetahui khasiatnya bagi kesehatan, berikut berbagai manfaat bunga lawang yang bisa Anda dapatkan:

1 Menjaga kesehatan Pencernaan

bunga lawang yang termasuk rempah-rempah kaya serat. Maka bukan hal yang mengherankan bahwa serat dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, seperti mengatasi perut kembung, kram, dan sembelit. Serat dapat melembutkan dan melunakkan tinja untuk mencegah sembelit.

Sembelit yang dibiarkan terlalu lama bisa menjadi wasir yang dapat menyebabkan feses berdarah dan nyeri. Satu sendok makan bunga lawang mengandung satu gram serat, setara dengan 3-4 persen dari kebutuhan harian Anda, tergantung pada usia dan jenis kelamin.

2 Mengatasi Insomnia

Bunga lawang juga dapat  digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan tidur. Alasannya karena pengobatan tradisional menemukan fakta bahwa bunga lawang memiliki sifat sedatif ringan yang membantu menenangkan saraf. Cobalah mengonsumsi teh ekstrak bunga Lawang setiap hari. Jika Anda dapat mengatasi gangguan tidur Anda, kualitas kesehatan fisik dan mental anda juga akan meningkat.

3 Mengatasi Flu Dan Batuk.

Manfaat bunga lawang yang mungkin tidak Anda duga adalah mengatasi flu dan batuk. Ini karena bunga lawang mengandung asam shikimic tinggi. Menurut surve dari beberapa sumber yang bisa dipercaya, kombinasi asam shikimic dan antioksidan quercetin dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Dengan begitu, tubuh dapat terlindungi secara optimal dari serangan penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus. Selain itu, mengonsumsi secangkir ekstrak bunga lawang tiga kali sehari dapat membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

4 Sebagai Antioksidan.

Bunga lawang mengandung minyak esensial linaool dan juga vitamin C, yang merupakan sumber antioksidan. Antioksidan adalah senyawa alami yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan racun lingkungan seperti asap rokok dan polusi udara. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan  cepatnya proses penuaan tubuh. Akibatnya Anda akan beresiko terserang beberapa penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker, hingga penuaan dini pada kulit. Dari penelitian yang dilakukan selama ini menemukan fakta bahwa Bunga lawang dapat mengurangi perkembangan sel kanker.

5 Sebagai Antijamur Dan Antibakteri

Manfaat pertama Bunga lawang dapat berfungsi sebagai antijamur dan antibakteri. Menurut penelitian yang telah di lakukan ekstrak tanaman ini memiliki sifat antijamur dan antibakteri alami. Bunga Lawang dapat mengendalikan jenis jamur tertentu, seperti Candida albicans.

Jamur ini adalah penyebab terjadinya infeksi yang paling umum. Biasanya, Candida albicans dapat tumbuh tak terkendali dan menyebabkan kandidiasis. Selain itu, para ilmuwan di Taiwan juga menemukan bahwa ada empat senyawa antimikroba dalam Bunga lawang yang efektif dalam mengobati 70 jenis bakteri yang resisten terhadap obat.