Kenali Jenis Teh yang Bikin Sehat dan Rileks

Hidup Sehat – Hampir semua orang percaya bahwa teh memiliki banyak manfaat bagi  kesehatan. Melalui hasil riset ilmiah yang sudah dilakukan bertahun-tahun menemukan khasiat dari teh yang berpotensi menangkal kanker, diabetes tipe 2, dan radang sendi.

Alasan utama bagi hampir semua orang yang menyukai the adalah rasanya yang nikmat. Teh juga akan terasa semakin nikmat saat dicampurkan dengan gula maupun susu.Namun sebaiknya tidak menambahkan kafein yang berlebih agar tidak mengganggu pola tidur, mengurangi kecemasan maupun stress. Bukan hanya itu, the juga mampu untuk menurunkan kadar gula darah.

Dilansir laman Womensday, inilah beberapa jenis teh yang nikmat dan sekaligus kaya akan manfaat.

Teh Matcha

Teh matcha yang berupa teh hijau bubuk memiliki manfaat dalam mengurangi kecemasan. Melalui riset terbaru membuktikan bahwa matcha mampu mengaktifkan dua sistem kimia baik di dalam tubuh yaitu reseptor dopamine D1 – dan reseptor serotonin 5- HT1A. Cara menikmati teh matcha ini hanya dengan mencampurkan satu sendok matcha ke dalam secangkir air panas, kemudian tambahkan perasan jus lemon.

Gaba Oolong

Gamma-aminobutyric acid (GABA), yang dapat ditemukan di beberapa jenis teh merupakan bahan kimia yang memiliki peran di dalam system saraf. Teh Oolong, salah satunya teh yang mengandung GABA sehingga apabila mengonsumsinya dapat mengurangi stress. Teh oolong ini bisa ditemukan dari beberapa merk seperti Harney & Sons dan Floating Leaves.

Chamomile

Teh chamomile dipercaya baik untuk membantu mendapatkan tidur yang lebih baik. Melalui riset terbaru menunjukkan bahwa teh chamomile juga berkhasiat baik bagi penderita diabetes. Membiasakan diri minum secangkir teh chamomile setiap setelah makan mampu membantu menyeimbangkan glukosa di dalam darah.