Saat Diet, Bolehkah Minum Kopi?

Hidup Sehat – Kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia bahkan di hampir seluruh dunia. Biasanya, menikmati secangkir kopi dapat dilakukan di pagi hari, siang, maupun malam hari.

Kopi juga dipercaya memiliki berbagai khasiat, salah satunya adalah menurunkan berat badan. Akan tetapi, benarkah dengan mengonsumsi kopi berkhasiat menurunkan berat badan?

Artikel First for Women, menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi kopi berkhasiat membantu menurunkan berat badan akan tetapi bisa juga tidak. Hal tersebut bergantung pada total konsumsi harian, varian atau jenis kopi serta jumlah tambahan gula atau susu yang ada di dalamnya.

Apabila Anda mengonsumsi kopi dengan dicampurkan susu full lemak, gula, dan taburan cokelat, tentunya tidak memiliki kemungkinan dalam membantu menurunkan berat badan. Sehingga bagi yang sedang menjalankan program diet, tidak dianjurkan untuk minum kopi yang dicampur krimmer, gula maupun taburan coklat yang terlalu banyak karena beresiko menambah asupan kalori.

Mengonsumsi kopi juga tidak dianjurkan secara berlebihan setiap hari, yang dapat menyebabkan nafsu makan menjadi berkurang. Meskipun sedang menjalani program diet, tidak dianjurkan untuk melewatkan makan, karena dapat menghambat metabolisme bahkan dapat menyebabkan kenaikan berat badan di masa yang akan datang.

Bagi yang sedang menjalani program diet, hanya dianjurkan untuk mengonsumsi satu cangkir kopi saja dalam sehari. Mengonsumsinya bisa dengan menambahkan krimmer, gula, ataupun susu dengan takaran yang tidak berlebihan. Hal tersebut guna mencegah dampak masalah di kemudian hari.

Penting diperhatikan juga apabila minum kopi di pagi hari, pastikan Anda menikmatinya bersama dengan menu sarapan lainnya, misalnya roti, telur, maupun buah. Hal tersebut dikarenakan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong.