Begitu Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Yang Ada Pada Biji Nangka

Hidup Sehat – Nangka merupakan buah yang terkenal dengan getahnya yang sangat menyebalkan namun memiliki rasa yang manis. Buah nangka merupakan satu diantara sumber vitamin, mineral, dan serat paling baik untuk badan. Tetapi, faedah nangka buat kesehatan tidak hanya terbatas pada daging buahnya saja. Tak hanya buahnya yang manis ternyata biji nangka pun dikenal bisa dimakan. Tidak banyak diketahui, biji nangka ternyata menaruh segudang manfaat buat kesehatan Anda. Biasanya biji nangka terlihat dalam menu sayur atau bisa juga dengan cara direbus langsung.

Tidak harus disertai bumbu biji nangka yang direbus bisa memberikan rasa yang nikmat sebagai camilan. Bahkan dari penelitian yang dilakukan pada seratus gram buah nangka mengandung 157 kalori, 2,8 gram protein, 38 gram karbohidrat, 2,5 gram lemak, dan 1 gram lemak. Nangka mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral dalam jumlah yang beragam.

Tetapi, tahukah Anda? Beberapa banyak nutrisi pada biji nangka yang justru lebih banyak dibandingkan daging buahnya. Biji nangka bahkan diketahui memiliki kandungan antioksidan. Dan pada biji nangka juga terdapat protein dan zat gizi mikro penting lainnya yangmana dapat mencegah penyakit kulit. Sedangkan, zat besi bijinya meningkatkan kesehatan darah dan mengobati anemia. Rasanya sedikit mirip dengan kentang.

Cara merebus biji nangka cukup mudah. Pertama pisahkan daging nangka dengan bijinya. Lalu masukan biji nangka ke dalam wadah besar dan tambahkan air secukupnya. Setelah mendidih selama 30 menit biji nangka sudah dapat di angkatlah dan sebarkan biji nangka yang sudah di rebus tadi di atas loyang agar cepat dingin. Kupas lapisan kulit putih terluar dari biji nangka dan anda sudah bisa menikmati bijinya sebagai cemilan.

Dari berbagai nutrisi yang terkandung pada biji nangka memiliki khasiat kesehatan pada tubuh sebagai berikut.

1 Menjaga kesehatan Pencernaan

Dari seratus gram biji nangka yang di rebus terkandung serat sekitar 1.5 gram. Tidak hanya itu saja biji nangka juga mengandung banyak prebiotik. Prebiotik yang merupakan senyawa yang tingkatkan perkembangan dan aktivitas bakteri baik pada aliran cerna. Kandungan serat dan prebiotik pada biji nangka memiliki banyak manfaat buat kesehatan pencernaan. Salah satunya lancarkan pencernaan, menahan sembelit, dan menurunkan efek terjadinya kanker usus besar.

2 Menurunkan Risiko Kanker

Didalam biji nangka juga mengandung senyawa antioksidan yang berbentuk flavonoid, saponin, dan tannin. Senyawa-senyawa ini dapat melindungi sel badan dari serangan radikal bebas. Dikarenakan radikal bebas merupakan molekul yang bisa merusak sel dan menyebabkan perkembangan sel kanker.

Senyawa antioksidan yang ada pada biji nangka mempunyai manfaat untuk menahan pembentukan pembuluh darah di sekitar sel kanker. Tanpa ada pembuluh darah yang mencukupi, sel kanker tidak akan mendapatkan suplai darah dan nutrisi untuk tumbuh.

3 Mencegah Infeksi Bakteri

Dari beberapa penelitian yang dilakukan menemukan adanya senyawa antibakteri pada biji nangka. Sejumlah besar senyawa itu ditemukan pada permukaan biji nangka dan sudah sejak lama digunakan sebagai obat diare alami.

Senyawa antibakteri pada biji nangka cukup efisien menantang bakteri E. coli yang seringkali jadi pemicu dalam masalah pencernaan. Karena manfaat ini, biji nangka berpotensi jadi obat alami untuk penyakit yang disebarkan melalui makanan yang terkontaminasi.

4 Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Biji nangka kaya akan protein, zat besi, dan vitamin A yang sangat penting buat perkembangan rambut. Protein pada biji nangka dibutuhkan untuk menciptakan helai rambut yang kuat. Vitamin A melindungi rambut supaya tidak mudah rapuh.

Selain itu, zat besi bermanfaat untuk tingkatkan saluran darah ke arah kulit kepala. Darah akan bawa berbagai nutrisi yang diperlukan supaya rambut tetap kuat, sehat, dan dapat tumbuh dengan lebat.

5 Menurunkan kolesterol

Riset  yang dilakukan pada hewan menunjukkan jika biji nangka berpotensi dalam menurunkan kolesterol LDL dan tingkatkan kolesterol HDL. LDL (low-density lipoprotein) ialah kolesterol ‘jahat’ yang menyebabkan penimbunan plak pada pembuluh darah. Selain itu, HDL (high-density lipoprotein) merupakan kolesterol ‘baik’ yang dapat menahan pembentukan plak kolesterol. Konsumsi biji nangka akan memberikan manfaat yang besar buat kesetimbangan kadar kolesterol Anda.

Buah-buahan mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat buat badan. Walau demikian manfaat buah-buahan tidak cuma berasal dari sisi dagingnya yang umum dikonsumsi. Biji buah-buahan seperti nangka contohnya, justru sangat kaya akan protein, vitamin, mineral, sampai senyawa antioksidan penangkal kanker. Bukanlah berasa ganjil, mengonsumsi biji nangka justru akan memberikan manfaat yang mungkin tidak akan pernah Anda bayangkan.