Ketahui Konsumsi Serat Ideal Setiap Harinya

Hidup Sehat – Sebuah riset terbaru menyatakan jumlah serat yang ideal dikonsumsi setiap hari.Kebiasaan akan pola hidup diet terus dikembangkan, hingga kini pola diet tinggi serat masih selalu menjadi daftar yang direkomendasikan  dan disetujui oleh para ahli kesehatan.

WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) melakukan riset melalui 250 studi prospektif dan uji klinis yang dilakukan selama kurun waktu selama 40 tahun. Guna memperoleh kesehatan yang optimal, seseorang setidaknya perlu mengonsumsi 25-29 gram serat setiap harinya.

Dilansir dari Health.com, peneliti menuliskan “ Meski yang direkomendasikan 25-29 gram per hari, akan tetapi jangan pernah ragu mengonsumsi serat yang lebih banyak untuk perlindungan lebih.”

Mengapa harus mengonsumsi serat? Alasannya karena orang yang mengonsumsi banyak serat diketahui mampu mengalami penurunan resiko kematian dan penyakit kardiovaskular 15-30 persen jika dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi serat yang kurang. Riset The Lancet menyatakan asupan tinggi serat berdampak pada penurunan resiko penyakit kronis, misalnya jantung koroner, stroke, diabetes tipe-2, kanker payudara, dan kanker usus besar.

Makanan yang kaya akan serat dapat juga membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan menjaga agar berat badan tetap terkendali.  Hal ini dikarenakan serat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melewati system pencernaan, tentunya menjadikan rasa kenyang yang lebih panjang waktunya.

Hasil riset merekomendasikan untuk menggantikan konsumsi kue dan roti putih menjadi biji-bijian utuh, misalnya gandum dan beras merah. Makanan lain yang mengandung serat adalah buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.