Manfaat Kesehatan Yang Bisa Di Dapat Dari Biji Anggur

Hidup Sehat – Mungkin tidak begitu banyak orang yang gemar memakan anggur beserta dengan bijinya. Padahal di dalam biji anggur tersebut menyimpan begitu banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh anda. Hal ini karena biji anggur kaya akan kandungan antioksidan dan seperti asam fenolik, antosianin, flavonoid dan hingga oligomeric proanthocyanidin complexes.

Senyawa tersebut dapat membantu menghancurkan radikal bebas dalam tubuh bahkan Senyawa ini bermanfaat untuk mencegah berbagai kondisi kesehatan, mulai dari penurunan tekanan darah hingga mencegah kolesterol. Berikut ini beberapa manfaat yang ditemukan dalam penelitian yang di lakukan pada biji anggur untuk kesehatan.

1 Meningkatkan Aliran Darah

Selain menurunkan tekanan darah, ekstrak biji anggur dapat membantu dalam meningkatkan aliran darah. Yang mana dari sebuah penelitian pada 17 wanita pasca menopause menunjukkan konsumsi 400 mg ekstrak biji anggur yang memiliki efek pengencer darah berpotensi dalam mengurangi resiko pembekuan darah. Dari penelitian lain juga menunjukkan konsumsi ekstrak biji anggur dapat mengurangi pembengkakan kaki dan edema hingga 70%.

Maka dari hal ini membuktikan bahwa salah satu manfaat biji anggur adalah dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi resiko akan pembekuan darah sehingga dapat digunakan oleh pasien yang memiliki gangguan peredaran darah.

2 Menurunkan Tekanan Darah

biji anggur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan seperti yang kita tahu tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang paling umum di Indonesia. Meskipun terkadang tidak menimbulkan gejala, tapi tekanan darah tinggi dapat berisiko menimbulkan berbagai komplikasi apabila tidak ditangani dengan benar. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan signifikan. Menurut penelitian, manfaat biji buah anggur ini paling efektif pada anak muda hingga paruh baya yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

3 Menjaga Kesehatan Jantung

Ekstrak dari biji anggur juga dipercaya  dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Grape seed extract dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dengan cara menghambat oksidasi dari LDL atau kolesterol jahat yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu dengan konsumsi ekstrak biji anggur sebelum melakukan operasi jantung juga dapat mengurangi stres oksidatif sehingga dapat melindungi jantung dari kerusakan lebih lanjut.

4 Meningkatkan kesehatan Tulang

Didalam biji anggur juga memiliki kandungan flavonoid yang mana sangat baik untuk tulang.

Flavonoid sendiri sudah terbukti dapat meningkatkan sintesis kolagen dan pembentukan tulang. Hasil dari penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur dapat membantu mengatasi beberapa kondisi tulang dan sendi seperti artritis rheumatoid dan osteoarthritis.

5 Menjaga Kesehatan Organ Hati

Hati yang memiliki peran dalam melindungi tubuh dari berbagai racun yang datang dari obat-obatan, polutan, infeksi virus, dan lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur memiliki efek perlindungan pada hati. Bahkan sebuah penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa ekstrak dari biji anggur dapat mengurangi peradangan, mendaur ulang antioksidan, dan melindungi hati dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas selama hati terpapar oleh toksin.

6 Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam ekstrak biji anggur dipercaya dapat membantu menurunkan resiko penyakit kanker dan membantu penyembuhan penyakit kanker.

Dari penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan dari biji anggur mampu menghambat kanker pada beberapa jenis sel manusia. Selain itu penggunaan dari ekstrak biji anggur juga sudah terbukti dapat meningkatkan efek kemoterapi tanpa memberikan efek negatif pada pengobatannya.

Cara Menggunakan Biji Anggur

Ekstrak biji anggur paling umum tersedia dalam bentuk kapsul ataupun minyak esensial. Sebagai obat herbal ekstrak biji anggur harus digunakan sesuai dengan dosis yang disarankan. Penggunaan atau dosisnya juga harus  disesuaikan dengan penyakit dan kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan. Jangan menggunakan ekstrak biji anggur di luar dosis yang disarankan agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan atau dalam masa pengobatan lainnya yang memiliki kondisi medis yang serius, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter yang menagani anda sebelum menggunakan ekstrak biji anggur sebagai obat.