Buah Matoa Yang Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Buah matoa yang merupakan nama dari buah tanaman khas dari daerah papua yang tergolong dalam jenis golongan pohon yang besar. Karena pohon matoa sendiri bisa mencapai tinggi sekitaran 18 meter dengan diameter rata – rata 100 cm. buah yang di hasilkan dari pohon matoa ini memiliki warna merah yang bisa dikondumsi secara langsung. Buah matoa memiliki kulit luar yang licin dan sedikit keras namun tidak sulit untuk dipecahkan tangan kosong. Daging buah matoa ini memiliki warna dan cita rasa yang mirip dengan kelengkeng atau rambutan.

Banyak yang mengatakan buah matoa ini memiliki aroma yang mirip dengan buah durian. Maka tidak heran jika sebagian orang tidak kuat dengan aroma dari buah ini dan merasa pusing bahkan mual. Meski memiliki aroma yang sangat menyegat ternayata buah matoa sangat baik bagi kesehatan. Itu semua ddikarenakan kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin E, vitamin C, glukosa dan kalsium yang terkandung di dalamnya.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari buah  matoa yang jarang diketahui.

1 Sebagai Sumber Tenaga

Mengonsumsi buah matoa bisa menjadikan sumber tenaga alami untuk menggantikan tenaga Anda yang hilang setelah beraktivitas seharian.

2 Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Di dalam tubuh kita terdapat racun yang berasal dari berbagai sumber, salah satunya makanan yang kita konsumsi. Racun ini jika tidak segera dikeluarkan sudah pasti akan memberikan dampak negatif bagi tubuh kita, seperti muncul penyakit lain yang berbahaya bagi kesehatan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu tubuh kita untuk mengeluarkan racun, salah satunya dengan mengonsumsi buah matoa ini.

3 Mencegah Munculnya Jerawat

Jika jerawat sudah muncul pasti Anda akan mencari berbagai cara untuk menghilangkan jerawat, karena itu mencegahnya adalah hal yang terbaik. Anda bisa mencegah jerawat muncul dengan rutin mengonsumsi buah matoa, karena kandungan vitamin C dan E yang dapat menangkal jerawat sehingga kulit Anda tetap terlihat lebih bersih.

4 Mengandung Antioksidan

Buah matoa memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Antioksidan dapat menangkal serangan radikal bebas serta mengurangi resiko penyakit kanker. Antioksidan juga dapat menghancurkan sel-sel dari pemicu kanker sebelum menyebar didalam tubuh.

5 Mengontrol Kadar Gula

Banyak penderita diabetes yang takut untuk mengonsumsi buah yang dikarenakan khawatir akan lonjakan kadar gula darah, padahal nutrisi yang terdapat dalam buah sangat baik untuk tubuh penderita diabetes baik untuk mengontrol gula darah ataupun menjaga kebugarannya. Salah satu manfaat buah matoa adalah dapat mengontrol kadar gula darah, maka buah satu ini sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.

6 Mencegah Hipertensi

Bagi Anda yang memiliki riwayat hipertensi, coba pergunakan salah satu manfaat dari buah matoa ini untuk mengatasinya. Karena buah matoa dapat mencegah datangnya hipertensi serta membantu mengontrol tekanan darah agar lebih stabil.

7 Melancarkan Sistem Pencernaan

Khasiat buah matoa juga sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan, hal ini karena banyaknya kandungan serat yang terdapat pada buah matoa. Anda yang sedang terkena gangguan system pencernaan seperti sembelit juga bisa mencoba untuk mengonsumsi buah matoa agar melancarkan kembali pencernaan Anda.

8 Sebagai Obat Ambeien

Ambeien yang merupakan salah satu gangguan kesehatan yang berhubungan dengan pencernaan. Manfaat buah matoa dapat Anda pergunakan sebagai obat untuk meyembuh ambeien secara alami. Apabila Anda sedang mengalami ambeien ringan maka anda bisa mencoba untuk rutin mengonsumsi buah matoa dalam mengatasinya ambeien.