Manfaat Kesehatan Yang Bisa Di Dapat Dari Buah Cermai

Hidup Sehat – Cermai merupakan buah yang biasanya selalu dijadikan asinan yang mana cermei sendiri memiliki rasa yang asam namun menyegarkan yang bisa membuat mata kita melek kembali. Buah cemai selain memiliki rasa yang unik rupanya ternyata juga memiliki manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Buah yang juga dikenal dengan nama star gooseberry ini ternyata mengandung vitamin C  30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk. Bahkan dari penelitian yang dilakukan selama ini kandungan  vitamin C yang terkandung dalam buah cermai dapat menjadi obat yang sangat ampuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun.

Cegah pertumbuhan kanker dan menurunkan kolesterol

Selain itu, dari sebuah peneliti juga telah menemukan jika buah cermai juga mampu mencegah pertumbuhan dari sel kanker. Karena kandungan antioksida yang ada pada buah cermai dapat melawan efek buruk yang ditimbulkan oleh karsinogen.

Sementara dari penelitian yang dilakukan terhadap manusia yang mengkonsumsi buah cermai dicampur dengan jahe, menghasilkan penurunan kadar kolesterol dalam darah yang sangat signifikan. Kandungan kimia yang ada pada jahe dapat menghambat penyerapan lemak dengan menghambat hidrolisisnya dan mengekskresikan kolesterol melalui aktivasi enzim hati 7-alpha-hidroksilase. Sementara flavonoid yang ada pada buah cermai, mampu menurunkan enzim HMG-Co A reduktase dan juga meningkatkan degradasi serta menghilangkan kolesterol yang ada dalam tubuh.

Mampu turunkan berat badan

Beberapa orang juga percaya bahwa buah yang memiliki cita rasa asam mampu membantu dalam menurunkan berat badan. Rupanya kepercayaan ini juga berlaku jika mengkonsumsi buah cermai yang ternyata mampu menurunkan berat badan. Bukan hanya kadar vitamin C-nya yang mampu meluruhkan lemak namun kandungan serat yang tinggi pada buah cermai juga dapat memperlancar pencernaan.

Buah yang memiliki nama ilmiah phyllanthus acidus tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan hati. Sebab buah cermai mampu melindungi tubuh dari kerusakan hati yang di akibatkan minuman beralkohol atau bahan kimia pada makanan yang masuk ke dalam tubuh. Itulah beberapa manfaat yang bisa di peroleh dari mengkonsumsi buah cermai, nah bagi kamu yang tak terlalu suka dengan rasanya yang asam ada beberapa tips penyajian yang bisa anda lakukan pada buah cermai, lho.  Misalnya saja, kamu bisa menyajikan buah cermai dengan taburan gula pasir atau mencocolnya dengan bumbu rujak. Selain itu, jika suka, kamu juga bisa menjadikannya manisan atau asinan cermai yang sangat segar. Selamat mencoba!